Lina Fadhilah
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Penguji 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh online customer review,word of mouth, dan price consciousness terhadap keputusan pembelian padamarketplace shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodimanajemen angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains AlQur’anWonosoboyangberjumlah162yangmengisikuesionerpenelitian.Teknikpengumpulandata menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Slovin menurutSugiyono (2011) dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 162 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google formyang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakanuntuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa online customer review, word of mouth dan priceconsciousnes berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasimarketplace shopee. Hal ini dapat dibuktikan dengan online customer reviewyang memiliki t hitung 3,170 dengan nilai signifikan 0,002<0,05. Word of mouthdibuktikan dengan t hitung 6.075 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. PriceConsciousness dibuktikan dengan t hitung 4.319 denagn nilai signifikan0,000<0,05.
Kata kunci : Online Customer Review, Word Of Mouth, Price Consciousness,Keput