Anugrahanur Abrilasworo
Pengarang
Nahar Mardiyantoro, M.Kom.
Dosen Pembimbing 2
M.Fuat Asnawi, S.Kom., M.m.
Dosen Pembimbing 1
Erna Dwi Astuti., M.Kom.
Penguji 2
Hidayatus Sibyan, M.Kom
Penguji 2
M.Fuat Asnawi, S.Kom., M.m.
Penguji 1
PT. Global Media Data Prima Wonosobo merupakan perusahaan yang bergerakdibidang jasa layanan internet, memiliki banyak cabang serta pelangganmengakibatkan kendala dalam penyampaian gangguan jaringan. Tidakseimbangnya jumlah admin dengan pelanggan mengakibatkan lambatnyapenanganan gangguan jaringan, sehingga diperlukan sistem cerdas yang dapatmembantu admin maupun pelanggan dalam proses pengaduan gangguan jaringan.Lantent Semantic Analysis merupakan salah satu algoritma dengan tipepengelompokkan (clustering) yang dapat digunakan dalam sistem cerdas dimanaprogram akan diberi label terlebih dahulu kemudian dipisah sesuai kelasnya.Pengujian sistem menggunakan metode blacbox testing dengan hasil sesuaisehingga sistem dirasa layak dengan fitur yang dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : lantent semantic analysis, LSA, chatbot, sistem cerdas.