THE EFFECTIVENESS OF ENGLISH COMMUNICATION (EC) TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING FLUENCY ANDACCURACY AT TWELFTH GRADERS OF MA DARUL MUTTAQIEN TEMANGGUNG

Detail Cantuman

Prodi Sastra Inggris

THE EFFECTIVENESS OF ENGLISH COMMUNICATION (EC) TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING FLUENCY ANDACCURACY AT TWELFTH GRADERS OF MA DARUL MUTTAQIEN TEMANGGUNG

XML

Berbicara merupakan salah sat ubagia npenting dalam kehidupanmanusia, karenadenganberbicaradapatberkomunikasi satu sama lain. Namun,berbicara bukan hanya sekedar mengucapkan kata. Kita harus mempunyaiketerampilan berbicara secara fasih dan akurat. Keterampilan berbicara secarafasih adalah kemampuan berbicara secara spontan dan tidak merasa ragu-raguatau kebingungan dalam merangkai kata, sedangkan keterampilan berbicara secaraakurat adalah keterampilan berbicara dengan menyesuaikan kaidah tata Bahasadan pemilihan kosa kata yang digunakan tepat. Mengajar berbicara Bahasa Inggristentu menjadi hal yang tidak mudah, banyak kendala dan masalah yang akandihadapi oleh siswa dan juga peneliti. Hal tersebut disebabkan siswa tidak terbiasadalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa dalam berkomunikasi seharihari,sehinggamerekamengalamikesulitanuntukmenyesuaikandiri.Namun,haltersebuttidak boleh menjadi penghalang bagi siswa untuk terus belajar BahasaInggris, dikarenakan pada saat ini Bahasa Inggris sudah diakui oleh seluruhmasyarakat dunia sebagai sebuah Bahasa Internasional untuk berkomunikasi.Peneliti bekerja sama dengan MA Darul Muttaqien Temanggungmenerapkan teknik pembelajaran berbicara Bahasa Inggris yang bernama EnglishCommunication atau EC. Pembelajaran berbicara menggunakanteknik ECberfokus pada peningkatan keterampilan berbicara siswa. Penerapan tekniktersebut bertujuan untuk membantu siswadalam membiasakan diri berbicaradalam Bahasa Inggris dan meningkatkan antusiasme siswa dalampembelajaranBahasa Inggris. Metodepenelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metodekombinasi. Metode kombinasi adalah metode campuran antara metode kualitatifdan metode kuantitatif, metode tersebut dipilih guna mengukur keefektifitasanteknik EC dalam pembelajaran berbicara Bahasa Inggris. Sampel dalam penelitianini adalah kelas XII IPS 1, XII IPA 1, dan XII IPS 3 siswa MA Darul MuttaqienTemanggung. Peneliti menggunakan pre-test, post-test, treatment, wawancara, danobservasi sebagai cara dalam mendapatkan data penelitian.Berdasarkan hasil analisis data, penerapan teknik English Communicationatau EC pada pembelajaran berbicarakelas XII IPS 1, XII IPA 1, dan XII IPS 3menunjukkanpeningkatan yang signifikan. Para siswasudah bisa berbicara BahasaInggrissecara lancar dan percayadiri, mereka juga semakin mudah dalammemahami Bahasa Inggris. Dengan begitu, dapatdiambil kesimpulan bahwapenerapan teknik English Communication atau EC dalam meningkatkanketerampilan berbicara kelas XII di MA Darul Muttaqien Temanggung adalahefektif.
Kata kunci: keefektifitasan, ecteknik, keterampilanberbicara, fasih dan akurat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hilma A’yunina - Personal Name
Student ID
2018260011
Dosen Pembimbing
Niken Kencono Ungu, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
79202
Edisi
Published
Departement
Sastra Inggris
Kontributor
Bahasa
English
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail