Prodi Teknik Sipil
ANALISIS KINERJA JASA PELAKSANA KONSTRUKSI DALAM PEMBANGUNAN APBD TAHUN 2019 DI KABUPATEN BANJARNEGARA
XML
Pembangunan daerah hakekatnya adalah upaya sistematis dan terencana untuk mengubah suatu keadaan yang belum ideal menjadi lebih baik dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan dengan tercapainya hasil pekerjaan konstruksi yang berkualitas dengan dukungan semua sektor pendukungnya. Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan PERPUS FASTIKOM UNSIQ (konstruksi/bangunan) dalam batasan waktu, biaya, dan mutu yang telah disepakati. Pelaksanaan proyek konstruksi bukan hanya dimaksudkan untuk sekedar menghasilkan keluaran yang berwujud hasil konstruksi fisik saja tapi juga untuk mencapai tujuan fungsionalnya dengan menilai keberhasilan proyek kontruksi itu sendiri. Dalam penilaian kinerja jasa pelaksana konstruksi dalam lingkup Dinas pekerjaan umum Kabupaten Banjarnegara, data kuesioner diolah dengan menggunakan metode SPSS (Analisis Kolmogorov Smirnov). Berdasarkan hasil Analisis kinerja jasa pelaksana konstruksi dalam pembangunan APBD 2019 Koperatif dari pemilik terhadap hasil akhir bangunan memiliki rata-rata aktual tertinggi dibanding variabel lain dengan rata-rata aktual sebesar 4,174. Hal ini menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini merasa puas dengan koperatifan dalam pencapaian hasil akhir bangunan oleh Jasa Pelaksana Konstruksi dan untuk kesesuaian fisik bangunan terhadap Shop Drawing gambar rencana bangunan proyek dengan kondisi di lapangan memiliki rata-rata aktual terendah dibanding variabel lain dengan rata-rata aktual sebesar 3,752. Hal ini menunjukkan bahwa responden dalam penelitian ini merasa kurang puas dengan fisik bangunan terhadap gambar rencana oleh Jasa Pelaksana Konstruksi APBD 2019 di Kabupaten Banjarnegara. Dari hasil analisis pengolahan data menunjukkan bahwa pihak pemilik (Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara) dapat menerima dan puas terhadap hasil kinerja dari jasa pelaksana konstruksi, akan tetapi untuk kesesuaian fisik bangunan terhadap Shop Drawing masih perlu ditingkatkan kembali untuk anggaran tahun berikutnya.
Kata kunci : Kinerja jasa konstruksi, kepuasan Owne
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Evi Tri Lestari - Personal Name
|
Student ID |
2016140021
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |