• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PROSES FOTOSINTESIS TUMBUHAN DENGAN ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PROSES FOTOSINTESIS TUMBUHAN DENGAN ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO

    Detail Cantuman

    Prodi Teknik Informatika

    RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PROSES FOTOSINTESIS TUMBUHAN DENGAN ALGORITMA FUZZY TSUKAMOTO

    XML

    Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dimilikisetiap individu. Sehingga metode pembelajaran menjadi sarana yang penting untukmenunjang pendidikan. Seringkali siswa menghadapi kesulitan dalam memahamiproses fotosintesis tumbuhan karena belum adanya simulasi yang diberikan disekolah. Salah satu cara tercapainya pembelajaran untuk simulasi fotosintesistumbuhan, digunakan alat bantu belajar atau yang bisa disebut media salah satunyaadalah Game edukasi. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan pembuatansebuah game yang di dalamnya terdapat unsur pendidikan materi FotosintesisTumbuhan yaitu game Fotosintesis Tumbuhan. Penulis melakukan tahapanperancangan dam membangun sebuah game edukasi pada penelitian inimenggunakan metode Waterfall yang memiliki keunggulan dalam meminimalisirkesalahan karena proses pengembangan dengan model fase one by one. Agar gamedapat berjalan sesuai rancangan, maka dalam pembuatan game FotosintesisTumbuhan akan menggunakan algoritma Fuzzy Tsukamoto yang akan diterapkansebagai inference engine atau mesin cerdas dan akan diterapkan pada tabung ujicoba Fotosintesis untuk mengecek masukan air dan cahaya yang dimiliki pemaindan menghitung hasil dari uji Fotosintesis yang dilakukan. Hasil dari penelitian iniadalah penerapan algoritma Fuzzy Tsukamoto pada game Fotosintesis Tumbuhandan dilakukan uji dengan matlab dan Blackbox dengan hasil sudah sesuai denganrancangan.
    Kata Kunci: Fotosintesis Tumbuhan, Fuzzy Tsukamoto, Metode Waterfall


    Detail Information

    Item Type
    Laporan Tugas Akhir
    Penulis
    Eric Aditya - Personal Name
    Student ID
    2019150086
    Dosen Pembimbing
    Nahar Mardiyantoro, M.Kom. - - Dosen Pembimbing 1
    M. Alif Muafiq Baihaqy, S.Kom.,M.Kom. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    55201
    Edisi
    Published
    Departement
    Teknik Informatika
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail