Prodi Teknik Sipil
DAMPAK PENINGKATAN JALAN TERHADAP PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN
XML
Peningkatan yang terjadi di jalan Kertek Wonosobo dapat mempengaruhi penggunaan lahan di sekitarnya. Jalan yang lebih lebar dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan aksesibilitas dan minat investor untuk memanfaatkan lahan sekitarnya. Ini dapat mengakibatkan perubahan tata guna lahan dari sebelumnya yang mungkin didominasi oleh pertanian atau sektor lain menjadi perkantoran, komersial, atau perumahan. Penelitian ini meliputi keterkaitan antar factor yang mempengaruhi peningkatan jalan, parameter peningkatan jalan, factor perubahan lahan, nilai NJOP, volume lalulintas, dan kepadatan lalulintas. Yang diambil dari beberapa sumber secara primer dan sekunder seperti pada web resmi bps.wonsosobo, BPKAD Wonosobo, DPUPR Wonosobo, dan Masyarakat kecamatan Kretek. Referensi yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu buku metode statistic karya Sugiyono,2007 tentang rumus dan jenis model sampel serta statistic lainya. Kemudian dengan dilengkapi pada referensi penelitian sejenis , serta pedoman MKJI Indonesia sebagai pacuan pada perhitungan volume lalulintas dan korelasi. faktor yang mempengaruhi peningkatan jalan pada ruas jalan Kertek- Wonosobo yaitu Aksesibilitas dengan nilai signifikansi 0,05 dan faktor kepadatan jalan dengan nilai 0,004 , kemudian faktor lain di anggap tidak berpengaruh dikarenakan memiliki nilai signifikansi > 0,05. Namun pada data perluasan wilayah yang bersumber dari badan statistik kabupaten Wonosobo pada ruas jalan Wonosobo- Kertek terdapat perluasan wilayah seiring dengan terjadinya peningkatan jalan yang di lakukan dan bertambahnya penduduk di sekitar jalan tersebut yang dapat di lihat pada bagian analisa penelitian ini. Nilai jual lahan tidak berpengaruh terhadap peningkatan jalan yang terjadi pada ruas jalan Wonosobo – Kertek karena nilai signifikansi > 0,05, namun berdasarkan data dari dinas terkait mengenai nilai jual objek pajak seiring dengan peningkatan jalan yang terjadi terus mengalami kenaikan, bahwa nilai juallahan mengalami kenaikan ditahun tahun beikut dimana pada tahun tahun berikut jalan mengalami peningkatan yang dapat di simpulkan bahwa nilai jual lahan berpengaruh terhadap peningkatan jalan di Jalan Wonosobo- Kertek. Dari Hasil pengambilan data volume harian lalulintas didapat hasil kecepatan rata-rata yaitu 32 km/jam sedangkan ketentuan kecepatan rata-rata jalan ketentuannya 50 km/jam, jadi kecepatan ruas jalan Kertek-Wonosobo tidak berpengaruh. Sebagai saran, diharapkan dapat dilakukan penelitian yang sejenis dengan rumus pengambilan sampel tabel krejcie sebagai perkembangan analisis terhadap penelitian selanjutnya, dan pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan referensi yang lebih banyak dan sumber informasi yang lebih lengkap.
Kata kunci : Peningkatan jalan, Parameter perubahan lahan, Faktor perubahan lahan, Volume lalulintas.
Detail Information
Item Type |
Laporan Tugas Akhir
|
---|---|
Penulis |
Sinta Amaliah - Personal Name
|
Student ID |
2019140120
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |