PEMBIASAAN MEMBACA SURAT PENDEK SEBELUM KBM UNTUK PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SD N 1 REJOSARI KALIKAJAR WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PEMBIASAAN MEMBACA SURAT PENDEK SEBELUM KBM UNTUK PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SD N 1 REJOSARI KALIKAJAR WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan pembiasaanmembaca surat pendek sebelum KBM untuk penanaman karakter religius siswakelas V SD N 1 Rejosari 2) mengetahui pengaruh pembiasaan membaca suratpendek sebelum KBM terhadap karakter religius siswa kelas V SD N 1 Rejosari3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaanmembaca surat pendek sebelum KBM untuk penanaman karakter religius siswakelas V SD N 1 Rejosari.Skripsi ini menggunakan pendekatan kulitatif dimana jenis penelitiannyabersifat field reaserch. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI,guru kelas V, dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulandata menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Kemudian, sumber data diperoleh dari kata-kata dan tindakan yaitu diambil darihasil observasi, hasil dari wawancara, hasil dari angket, dan hasil daridokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data MilesHuberman dan dikuatkan dengan model triangulasi. Data analisis melalui reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembiasaan membaca suratpendek sebelum KBM di SD N 1 Rejosari dilaksanakan setiap hari dan wajibnyadilakukan pada hari rabu, selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai yaitupukul 07.15 – 07.30. Kegiatan pembiasaan ini dilakukan dikelas dan pada harirabu dilakukan didepan kelas secara bersama-sama dengan dipandu oleh guru PAIdan diikuti semua peserta didik. 2) Pembiasaan membaca surat pendek sebelumKBM berpengaruh baik terhadap karakter religius siswa. Karakter religius yangtertanam pada siswa kelas V seperti nilai taqwa, ikhlas, sabar, syukur, dantoleran. 3) Adapun faktor yang menjadi pendukung dan penghambat daripelaksanaan pembiasaan ini. Faktor pendukung utama hanya dari pihak sekolahselain, yaitu guru yang kompeten, peserta didik yang terlihat antusias, bukupendukung berupa media cetak yang berisi bacaan asmaul husna dan surat-suratpendek, Al-Qur‟an, dan pembiasaan yang rutin. Sedangkan faktor yangmenghambat diantaranya, peserta didik yang sulit untuk dikondisikan, dalam halteknis, yaitu microphone sering trouble, dan kurangnya pengawasan dari bapakibu guru.
Kata kunci: pembiasaan, surat pendek, karakter religius


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuni - Personal Name
Student ID
2019010099
Dosen Pembimbing
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Yusuf Amin Nugroho, SH.I., M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail