Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NU KEJAJAR, WONOSOBO.
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan kurikulummerdeka terhadap semangat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA NUKejajar Wonosobo. 2) untuk mengetahui peran Kurikulum Merdeka terhadapsemangat belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untukmengetahui faktor pendukung dan penghambat peran Kurikulum Merdeka terhadapsemangat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA NU Kejajar Wonosobo.Skripsi ini mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data yang diperolehmerupakan informasi yang diberikan oleh pihak sekolah sebagai tempat dan subjekpenelitian. Data yang diperoleh dari tempat penelitian merupakan informasi yangdidapatkan dengan cara wawancara kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah,guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan siswa- siswi SMA NU Kejajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Semangat belajar yang ada padasiswa SMA NU Kejajar ditunjukkan dengan kemauan mencari materi PendidikanAgama Islam secara mandiri. 2) Guru pengampu mata Pelajaran Pendidikan AgamaIslam, Kurikulum Merdeka memiliki peran untuk memberikan motivasi belajaryang baru. Hal ini suatu peran Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran PendidikanAgama Islam dengan Belajar Merdeka bagi siswa, dan Mengajar Merdeka bagiguru pegampu. Siswa-siswi SMA NU Kejajar menerima pembelajaran PendidikanAgama Islam dengan antusias, siswa-siswi mengaku pembelajaran denganKurikulum Merdeka menjadikan kegiaan belajar mengajar di sekolah lebih menarikkarena siswa-siswi diperbolehkan mencari cara belajar secara mandiri. 3) faktorpendukung Peran Kurikulum Merdeka terhadap Semangat Belajar PendidikanAgama Islam adalah fasilitas yang ada di SMA NU Kejajar, sedangkan faktorpenghambat peran Kurikulum Merdeka di SMA NU Kejajar adalah mentalitas guruyang kurang sehingga pemahaman siswa menjadi kurang, waktu perubahanKurikulum yang sangat cepat sehingga guru harus bekerja lebih untuk mengejartarget Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: Peran Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, SMA NUKejajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yulia Uswatun Khasanah - Personal Name
|
Student ID |
2019010168
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |