Prodi Pendidikan Agama Islam
PLACEMENT TEST UNTUK MENUNJUKKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-I’ANAH SELOKROMO LEKSONO WONOSOBO TAHUN 2023
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kegiatan placement testuntuk menunjukkan minat belajar agama Islam pada santri di pondok pesantrenal-I‟anah selokromo leksono wonosobo tahun 2023; 2) Untuk mengetahui faktorpendukung kegiatan placement test di pondok pesantren al-I‟anah selokromoleksono wonosobo tahun 2023; 3) Untuk mengetahui faktor penghambat kegiatanplacement test di pondok pesantren al-I‟anah selokromo leksono wonosobo tahun2023; 4) Untuk mengetahui pengembangan minat santri di pondok pesantren alI‟anahselokromoleksonowonosobotahun2023.Jenispenelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini disajikandalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambar suatu proses yangterjadi di lapangan. Objek penelitian pada penelitian ini adalah kegiatan placementtest. Sedangkan subjek penelitiannya adalah pengasuh, ustadz/ustadzah, pengurus,dan santri pondok pesantren Al-I‟anah Selokromo. Teknik pengumpulan datanyaantara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi datayang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atauverifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, kegiatan placement test dipondok pesantren al-I‟anah perlu dilakukan evaluasi dan pembaruan dan minatbelajar di pondok pesantren Al-I‟anah sudah cukup baik, namun masih harusditingkatkan lagi. Adapun jenis tes yang dilakukan yaitu tes tertulis, tes lisan, dantes praktik. Strategi yng dilakukan untuk mengembangkan minat belajar santripondok pesantren Al-I‟anah yaitu dengan beberapa cara: dukungan guru,dukungan orang tua, pendekatan Interaktif, evaluasi, penghargaan, kegiatan diluarkurikulum, relevansi dengan kehidupan sehari-hari, dan fasilitas pembelajaran.Kedua, faktor pendukung kegiatan placement test di pondok pesantren Al-I‟anahyaitu: proses penilaian yang objektif dan pemahaman terhadap kebutuhanpesantren. Ketiga, faktor yang menghambat kegiatan placement test di pondokpesantren Al-I‟anah yaitu: kurangnya guru yang terlibat, ketidaksesuaianpenilaian, ketidaksuaian penempatan santri, dan tidak ada evaluasi sertapembaruan berkala. Keempat, hasil pengembangan minat belajar santri denganmenggunakan kegiatan placement test cukup baik, dengan kegiatan placement testmenjadikan santri mendapatkan pelajaran sesuai dengan kapasitas merekasehingga santri mampu mengembangkan kemampuan mereka dan mencapai hasilbelajar yang lebih baik.
Kata Kunci: Placement Test, Minat Belajar, Santri, dan Pesantren.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ummi Khalimah - Personal Name
|
Student ID |
2019010415
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |