Prodi Pendidikan Agama Islam
MANAJEMEN PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA SANTRI TAHFIDZ PUTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN BAITUL ‘ABIDIN DARUSSALAM KALIBEBER WONOSOBO
XML
Manajemen pembelajaran sangat diperlukan guna mencapai tujuanpembelajaran secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui peran manajemen pembelajaran pondok pesantren dalam mengatasidan menyelesaikan problematika santri dalam menghafal al-Qur’an di PPTQ Baitul‘Abidin Darussalam Kalibeber Wonosobo, serta faktor pendukung dan penghambatdalam pelaksanaannyaPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatifdeskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis model interaktif (Miles dan Huberman)meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Manajemen pembelajaran diPPTQ Batul ‘Abidin Darussalam dilaksanakan melalui proses perencanaan,pengorganisasian, aktualisasi, dan pengawasan dengan melibatkan pengasuh,dewan pembina pondok pesantren, dan asatidz; 2) manajemen pembelajaran yangdilaksanakan dengan berbagai programnya seperti setoran takror, halaqohmingguan, ngejuz, ngemic, naik turun juz, glondong, dan semesteran sudah dapatmeminimalisir problematika yang dialami santri selama proses menghafal AlQur’an;3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaanmanajemen pembelajaran berasal dari berbagai elemen yang meliputi asatidz,santri, sarana dan prasarana, maupun lingkungan belajar.
Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, Problematika Santri Tahfidz
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ulfatul Khoeriyah - Personal Name
|
Student ID |
2019010033
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |