Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AL HUDA PENULIH SUROYUDAN SUKOHARJO WONOSOBO TAHUN 2022/2023
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapanmetode yanbu‟a dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Qur‟an di MadrasahDiniyah Al-Huda, Sroyudan, Sukoharjo, Wonosobo. 2) Untuk mengetahuikelebihan dan kekurangan penerapan metode yanbu‟a dalam meningkatkankualitas bacaan al-Qur‟an di Madrasah Diniyah Al-Huda, Sroyudan, Sukoharjo,Wonosobo. 3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan metode yanbu‟a dalammeningkatkan kualitas bacaan al-Qur‟an santri-santri di Madrasah Diniyah AlHuda,Suroyudan,Sukoharjo,Wonosobo.JenispenelitianyangdigunakanadalahFieldResearchdenganpendekatandeskriptifkualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan masalahyang akan dibahas. Adapun subjek penelitian adalah Pengurus Madrasah Diniyah,Ustadz-ustadzah pengampu, dan 35 santriwan dan santriwati Madrasah DiniyahAl-Huda Suroyudan Penulih Sukoharjo Wonosobo.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan Metode Yanbu‟a dalamMeningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an Santri Di Madrasah Diniyah Al-Huda,Suroyudan, Sukoharjo, Wonosobo yakni Setiap ustadz-ustadzah masing-masingdatang 5 menit lebih awal, kegiatan klasikal ustadz/ustadzah membimbingsantrinya dengan sistem drill yakni contohkan-tirukan, Sistem pembelajaranmetode yanbu‟a ini adalah santri maju satu persatu kepada pengampu, Teskenaikan kelas jilid ditentukan oleh kepala Madrasah Diniyah sebagai pentashihutama. 2) Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Metode Yanbu‟a DalamMeningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an Santri Di Madrasah Diniyah Al-Huda,Sroyudan, Sukoharjo, Wonosobo yakni Kelebihannya adalah pembelajarannyafleksibel dan terstruktur. Untuk kekurangannya anak harus melalui 7 jilidsehingga anak lama menyelesaikannya. 3) Hasil Dari Penerapan Metode Yanbu‟aDalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an Santri Di Madrasah Diniyah AlHuda,Suroyudan, Sukoharjo, Wonosobo yakni sudah efektif dan cukupmeningkat. Berdasarkan data prestasi santri sebanyak 20 santri dari35 santri yangmengaji menggunakan metode Yanbu’a sudah mencapai jilid 5, 6 dan 7, denganpersen mencapai 63%. Kemampuan siswa jika sudah mencapai jilid 5 ke atasdikatakan sudah dapat membaca Al-Qur‟an dengan lancar dan benar sertamemahami ilmu tajwid.
Kata Kunci: Metode Yanbu‟a, Meningkatkan Kualitas, Membaca Al-Qur‟an.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Titi Purwanti - Personal Name
|
Student ID |
2019010420
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |