Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN
XML
kripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapanxxiiMetode Peta Konsep dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTsBuluspesantren; 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan MetodePeta Konsep dalam pembelajaran SKI kelas VIII di MTS Buluspesantren; 3)Untuk mengetahui bagaimana kendala yang ada ketika pembelajaran SKImenggunakan Metode Peta Konsep.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitiannya bersifat lapangan. Dalam pengembangannya penelitian inimengunakan metode deskriptif. Sumber data yang ada diperoleh dari data primerdan sekunder berupa buku SKI, buku Metode Pembelajaran, jurnal-jurnalreferensi yang berkaitan dengan metode pembelajaran, skripsi terdahulu, artikelartikelsertasitusinternet.Selainitusumberdatadiperolehdarisubjekpenelitianyaitukepala sekolah, waka kurikulum, guru SKI dan siswa kelas VIII di MTsBuluspesantren Kebumen. Teknik sampling yang digunakan menggunakansimple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi diambil secaraacak tanpa memeperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknikpengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Observasi digunakan peneliti untuk mendapatkan data mengenaibagaimana penerapan Metode Peta Konsep pada mata pelajaran SKI kelas VIIIdi MTs Buluspesantren, wawancara digunakan untuk menggali informasimengenai dampak serta kendala yang ada saat penggunaaan Metode Peta Konseppada siswa, kemudian dokumentasi digunakan penulis untuk memperoleh datatentang gambar proses pelaksanaan pembelajaran SKI ketika menggunakanMetode Peta Konsep.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Peta Konsepdi MTs Buluspesantren dilakukan dengan berbagi macam cara seperti membuatbagan peta konsep dipapan tulis, powerpoint, serta memberi tugas kepada siswauntuk membuat peta konsep; 2) Penerapan Metode Peta Konsep memilikidampak yang baik karena mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam prosespembelajaran; 3) Kendala yang ada yaitu adanya siswa yang kirang terampil dantelaten dalam pembuatan peta konsep. Kendala tersebut dapat diupayakandengan cara guru sebagai pendidik mampu memahami karakter siswanya.
Kata kunci: Metode, Peta Konsep, SKI
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sulastri - Personal Name
|
Student ID |
2019010233
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |