Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII A DI SMP ISLAM NGADIREJO, KAB. TEMANGGGUNG.
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui strategi guru PendidikanAgama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelasVII A di SMP ISLAM Ngadirejo Kab. Temanggung. 2) Untuk mengetahui faktorpendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalammeningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VII A di SMPISLAM Ngadirejo Kab. Temanggung.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research)dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian sumber data diperoleh darisubjek penelitian yaitu guru pendidikan agama islam dan siswa kelas VII A SMPIslam Ngadirejo. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknikPengumpulan data, reduksi data, data display dan verifikasi data. Pengumpulandata dilakukan melalui wawancara, observasi, maupun dokumentasi untukmemperoleh data yang lengkap, reduksi data dilakukan dengan merangkum,memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari temadan polanya, dan membuang yang tidak perlu, data display dengan menyajikandata yang sudah di reduksi dan verifikasi data sebagai lanjutan dari reduksi datadan display data sehingga data dapat disimpulkan dan peneliti masih berpeluanguntuk menerima masukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru Pendidikan AgamaIslam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an di SMP IslamNgadirejo dilakukan dengan pelatihan membaca Al-Qur‟an secara kelompok danIndividu, dengan pembiasaan baca Al-Qur‟an sebelum pelajaran dan pemberiantarget hafalan kepada Siswa sesuai kemampuan masing masing siswa. 2) Faktoryang mendukung penerapan strategi meningkatkan kemampuan membaca alqurandiantaranya bapak kepala sekolah yang selalu memberi support dalampelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam. 3) Faktor yang menghambatpenerapan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkankemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu keterbatasan waktu dan juga saranaprasarana yang ada di sekolah.
Kata kunci : strategi, guru Pendidikan Agama Islam, membaca Al-Qur‟an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sohim Mubarok - Personal Name
|
Student ID |
2018010199
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |