Prodi Pendidikan Agama Islam
METODE PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN KAJIAN QS. AN-NAHL AYAT 125-127
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui bagaimana isikandungan Al Qur’an dalam qur’an surah An Nahl ayat 125-127. 2) Untukmengetahui konsep metode pembelajaran dalam persepektif Al Qur’an kajianQ.S An Nahl ayat 125-127. 3) Untuk mengetahui bagaimana implementasi danrelasi metode pembelajaran dalam Al Qur’an qur’an surah An Nahl ayat 125127.Skripsiini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenispenelitianya bersifat liberary research. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh daridata primer dan data sekunder (buku-buku tafsir Al-Qur’an). Adapun teknikanalisis yang digunakan adalah teknik berpikir deduktif dimana tekhnikpemikiranya berangkai dari dasar dasar pengetahuan umum menjadi hal halyang lebih eksplisit atau khusus dan indukif, dimana data yang diperoleh daridata empirik lewat observasi menuju teori. Selain itu menggunakan tekniktafsir maudhu’iy.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kandungan dalam Qs AnNahlaya 125- 127 yaitu anjuran untuk berpegang teguh pada prinsip dalampenggunaan metode dakwah yaitu hikmah, maudhoh hasanah, mujadalahdisertai dengan kesabaran dalam melaksanakanya. 2)Konsep metodependidikan dalam al-Qur’an surat An-Nahl ayat 125-127 terdapat lima macammetode pendidikan, yakni; metode hikmah, metode mau’izhah, metode jidal,Almuhtadin dan Ashhabru. 3) Implementasi Metode Pendidikan Agama Islamsebagai suatu usaha penanaman aqidah Islam kepada anak didik sebagaigenerasi Islam untuk memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaranIslam, serta bersedia mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam setiap waktu,kapanpun dan dimanapun berada.
Kata Kunci: Surah An Nahl 125-127, Metode Pendidikan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sofiatun Najah - Personal Name
|
Student ID |
2019010422
|
Dosen Pembimbing |
Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Ali Mu'tafi., S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |