Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaranpendidikan agama islam dalam peningkatan mutu pendidikan siswa di SMP N 2Wonosobo. (2) Untuk mengetahui Faktor apa yang menjadi pendukung danpenghambat strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatanmutu pendidikan siswa kelas VIII SMP N 2 Wonosobo. (3) Untuk mengetahuiupaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaranpendidikan agama islam dalam peningkatan mutu pendidikan siswa kelas VIIISMP N 2 Wonosobo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Studilapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentukdeskripsi. Teknik pengumpulan data mengunakan metode obsevasi, wawancaradan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan pada analisisdata Studi lapangan kualitatif adalah penyajian data, reduksi data dan penarikankesimpulan. Teknik tersebut digunakan peneliti sebagai bahan acuan penulisandalam penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan padahasil akhir penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PAI dalammeningkatkan pembelajaran PAI di SMP N 2 Wonosobo mengunakan strategisaintifik, masalah, diskusi dan penugasan, supaya anak mampu berkembang ataumampu mandiri. Hal ini diperoleh darihasil wawancara guru pai, strategi yangdigunakan guru PAI di SMP N 2 Wonosobo dalam peningkatan pembelajaranmegunakan strategi tersebut terlihat peningkatan bahwa siswa yang tidak aktifdalam pembelajaran menjadi aktif karena siswa mencari dan menemukan sendirimateri pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi guru PAI dalampeningkatan pembelajaran yaitu kurangnya minatbelajar siswa dan kurangnyamotivasi orangtua untuk mendorong anaknya untuk belajar. Maka usaha yangdilakukan guru PAI terhadap anak yang tidak berminat dalam belajar yaitu denganmemberikan perhatian, guru PAI lebihmendekatkan diri pada siswa. Sehinggasiswa merasa diperhatikan dan akan bersemangat dalam belajar.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, PeningkatanMutu Pendidikan Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Jamilatun Azizah - Personal Name
|
Student ID |
2018010163
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |