Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 PURANEGARA BANJARNEGARA
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan modelpembelajaran Flipped Classroom berbantuan video; 2) Mengidentifikasipeningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII IPS 2 SMANegeri 1 Purwanegara Banjarnegara; 3) Mengidentifikasi perbedaan sebelum dansesudah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan videoterhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII IPS 2 SMANegeri 1 Purwanegara Banjarnegara.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen,dengan bentuk Pre-Experimental Design model One-Group Pretest-PosttestDesign, adapun sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknikpengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes, datayang telah diperoleh kemudian diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, danuji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yangberarti penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan videomemberi pengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase jumlah nilai diatas KKM sebelum perlakuan sebesar 10% sedangkan setelah perlakuan sebesar 87%.
Kata kunci : Flipped Classroom, Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Septi Andriyani - Personal Name
|
Student ID |
2019010487
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |