Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII DI MTs DARUL AMANAH SUKOREJO-KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan reward oleh gurupada siswa kelas VII di MTs Darul Amanah Sukorejo-Kendal tahun ajaran2022/2023; 2) Mengetahui prestasi pembelajaran fiqih pada siswa kelas VII di MTsDarul Amanah Sukorejo-Kendal tahun ajaran 2022/2023; 3) Mengetahui adakahpengaruh pemberian reward terhadap prestasi pembelajaran fiqih pada siswa kelasVII di MTs Darul Amanah Sukorejo-Kendal tahun ajaran 2022/2023.Skripsi ini menggunakan penelitian lapangan kuantitatif dengan jenispendekatan asosiatif ex-post facto, dimana variabel bebas telah terjadi ketikapeneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam penelitian. Teknikpengumpulan melalui observasi, angket atau kuisioner dan dokumentasi. Sumberdata diperoleh dari data primer dan sekunder ( buku mata pelajaran fiqih, bukupenelitian, artikel dan penelitian terdahulu). Instrument yang digunakan dalampenelitian ini yaitu lembar observasi, angket yang berisi pernyatan tentang rewarddan prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis pendahuluanberupa uji normalitas dan uji linieritas, analisis uji t untuk menguji hipotesis, dankoefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar sumbangan pemberianreward terhadap prestasi belajar.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Menurut hasil observasipelaksanaan reward oleh guru dilakukan dengan baik dimana indikator-indikatorreward diberlakukan dengan baik secara keseluruhan. 2) Prestasi pembelajaranfiqih di MTs Darul Amanah pada siswa kela VII tergolong sangat baik, dimana rataratadiperolehsebesar86yang dilihat dari data dokumentasi nilai PAS semesterganjil. 3) Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diketahui bahwa nilaiFhitung = 148.112 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehinggamodel regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel reward (X) tehadapvariabel prestasi pembelajaran fiqih (Y). uji hipoteseis dalam penelitian ini yaituuji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 dan menghasilkannilai thitung senilai 12.170 > ttabel 2,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapatpengaruh pemberian reward terhadap prestasi pembelajaran fiqih pada siswa kelasVII di MTs Darul Amanah Sukorejo-Kendal tahun ajaran 2022/2023. Danmemperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 71,5%.
Kata kunci: reward, prestasi belajar, fiqih
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sarah Virlyana - Personal Name
|
Student ID |
2019010219
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |