Safira Rizqiya Sania
Pengarang
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Muchotob Hamzah, MM.
Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Ali Imron, M. Ag
Penguji 2
Dr. Sri Haryanto, M.Pd
Penguji 1
Sekripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk menggetahui upaya apa saja yang dilakukan orang tua dan guru dalam menanamkan cinta Al-Qur’an kepada pesertadidik; 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat orang tua dan guru dalammenanmkan cinta Al-Qur’an terhadap peserta didik.Sekripsi ini mengunakan pendekatan penelitian kualikatif deskriptifdimana jenis penelitianya library research. Tekhnik pengumpulan datamengunakan wawancara dan observasi. Kemudian, sumber data diperoleh daridata primer dan sekunder (buku-buku tafsir Al-Qur’an, refrensi yang berkaitandengan vector, sekripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal dan situs internet).Adapun tehnik penulisan yang digunakan adalah tehnik berpikir deduktif dimanatehnik pemikiranya berangkai dasar-dasar pengetahuan umum menjadi hal-halyang lebih eksplisit atau khusus dan induktif, dimana data diperoleh dari dataempirik lewat observasi menuju sebuah teori.Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) pentingnya orang tua dalammenanamkan cinta Al-Qur’an kepada peserta didik dari sejak dalam kandunganselalu di perdenganrkan murotall Al-Qur’an ataupun dari kedua orang tuamembaca Al-Qur’an, mengajari membaca Al-Qur’an dari hal yang sederhana,memberi selalu menerpkan anak agar selalu membaca Al-Qur’an walaupun cumansebentar saja. Pentingnya guru dalam menanmkan cinta Al-Qur’an kepada anakdengan sebelum masuk untuk memulai pembelajaran di biyasakan untukmembaca asmaul khusna ataupun membaca surat-surat pendek, setiap seminggusekali membaca surat Al-Waqiah Bersama-sama di dalam kelas, selalumemberikan informasi tentang pentingnya seseorang untuk menanmkan rasa cintaAl-Qur’an pada anak. 2) faktor pendukung seseorang anak agar dapat cinta padaAl-Qur’an yaitu anak selalu di ajarakan Al-qur’an kepada anak, di masukan disekolah yang berbasis agama, hambatan dari orang tua agar anak dapatmenanmkan cinta Al-Qur’an pada anak, anak ingin bermain HP dan selalu inginbermain dengan teman sejawatnya.Memberikan buku yang lebih inofatif danselalu memberikan motivasi pada peserta didik pentingnya belajar tentang AlQur’an,anak-anakyanglebihmemilihbermaindisosialmediaataupunbermaindengantemansejawatnya.
Katakunci:OrangTua,Guru,Al-Qur’an