Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI MANAQIB SYEKH ABDUL QODIR AL-JAILANI TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH MUNGGANG WONOSOBO
XML
Wonosobo, 2023.Skripsi ini bertujuan : 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisimanaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Nurul Hidayah; 2)untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam tradisi Manaqib SyekhAbdul Qodir Al-Jailani terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren NurulHidayah; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatimplementasi pendidikan karakter dalam tradisi manaqib Syekh Abdul Qodir AlJailaniterhadapkedisiplinansantridiPondokPesantrenNurulHidayah.Skripsiini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatanpenelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalahreduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tradisi manaqib Syekh Abdul QodirAl-Jailani dilaksanakan setiap tanggal 11 bulan hijriyah dengan mempersiapkansyukuran, pembacaan manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, penjelasan isi kitabAn-Nurul Burhani dan syukuran bersama. 2) Implementasi pendidikan karakterdalam tradisi manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani terhadap kedisiplinan santriyang ditunjukkan oleh para santri dalam pelaksanaan tradisi manaqib SyekhAbdul Qodir Al-Jailani ini seperti disiplin tepat waktu mempersiapkan kegiatansyukuran, disiplin melaksanakan syarat dan ketentuan pembacaan manaqib,memakai seragam putih sesuai ketentuan, berusaha khusyuk mengikuti kegiatanpembacaan manaqib, disiplin secara tertib langsung menata barisan kelompokmakan tanpa harus diperintah, tertib mengantri makanan yang dibagikan, danlangsung membersihkan nampan dan tempat makan jika sudah selesai, disiplinpengurus takmir masjid dengan mengatur waktu untuk mempersiapkan keperluanmanaqib ditengah waktu istirahat para santri demi kelancaran kegiatan pembacaanmanaqib. 3) Faktor pendukung pengimplementasian pendidikan karakter dalamtradisi manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani terhadap kedisiplinan santridiantaranya: peraturan, pengetahuan dan nasehat dalam tradisi manaqib SyekhAbdul Qodir Al-Jailani, kesadaran disiplin, dan stamina yang terjaga. Adapunfaktor penghambat diantarannya: kurangnya kesadaran disiplin, pengaruh temansebaya, kurangnya motivasi dalam diri, dan stamina yang kurang terjaga.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani,Kedisiplinan, Santri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rofikoh Sofi Rachman - Personal Name
|
Student ID |
2019010172
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |