Risma Nur Amaliyah
Pengarang
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Penguji 2
Dr. Ngarifin Shiddiq,M.Pd.I
Penguji 1
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep pembelajarankitab Tuhfatul Athfal dan kemampuan membaca al-Qur‟an kelas II Ula B putrisantri Madrasah Diniyah Ma‟had Mamba‟ul Qur‟an 2) untuk mengetahuiimplementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkankemampuan membaca al-Qur‟an kelas II Ula B putri santri Madrasah DiniyahMa‟had Mamba‟ul Qur‟an 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktorpenghambat implementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalammeningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an kelas II Ula B putri santriMadrasah Diniyah Ma‟had Mamba‟ul Qur‟an.Skripsi ini menggunakan penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara analisissebelum di lapangan, kemudian analisis data di lapangan dengan menggunakanmodel mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarikkesimpulan.Hasil penelitian ini adalah: 1) konsep pembelajaran kitab Tuhfatul Athfaldan kemampuan membaca al-Qur‟an kelas II Ula B putri adalah perencanaanpembelajaran, materi pelajaran Tuhfatul Athfal, dan media pembelajaran. 2)implementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkankemampuan membaca al-Qur‟an kelas II Ula B putri terdapata tiga cakupan yaitumembuka pelajarana dengan di awali membaca Nadhom, menyampaikan materipelajaran dan menutup pelajaran. 3) faktor pendukung dan faktor penghambatimplementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal dalam meningkatkankemampuan membaca al-Q ur‟an kelas II Ula B putri. Adapun faktor pendukungpembelajaran Tuhfatul Athfal yaitu penggunaan media pembelajaran yang sesuai,adanya ngaji al-Qur‟an ba‟da Shubuh dan Ashar dengan ustadzah. Adapun faktorpenghambat pembelajaran Tuhfatul Athfal yaitu latar belakang pendidikan santri,absensi santri, waktu yang singkat, dan timbulnya naluri malas dan bosan.
Kata Kunci: Implementasi, Tuhfatul Athfal, Membaca Al-Qur’an