Prodi Pendidikan Agama Islam
PEMBIASAAN TADARUS AL–QUR’AN DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KELAS VII TAHUN AJARAN 2022/2023 DI SMP N 3 KERTEK WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui konsep penguatan dimensi I padaprojek penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembiasaan tadarus al-Qur’an,kemudian mengetahui implementasi pembiasaan tadarus al-Qur’an pada projekpenguatan profil pelajar Pancasila dalam meningkatkan akhlak peserta didik, sertauntuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat projek penguatanprogram profil pelajar Pancasila dimensi I dalam pembiasaan tadarus al-Qur’an diSMP N 3 Kertek Wonosobo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan denganmenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi non partisipan, wawancara bebas terpimpin dandokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu mereduksidata, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh diantaranya pertama, konsep penguatandimensi I profil pelajar Pancasila melalui program pembiasaan tadarus al-Qur’anterintegrasi dalam proses pelaksanaan program tersebut mulai dari tahapanpersiapan hinggga tahapan asesmennya. Kedua, dalam implementasi programtersebut belum bisa dikatakan efektif untuk meningkatkan akhlak peserta didik,dan ketiga, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam projek penguatandimensi I profil pelajar Pancasila pada pembiasaan tadarus al-Qur’an masingmasingdipengaruhi olehfaktordariinternal daneksternal.
KataKunci:ProfilPelajarPancasila,Akhlak,Pembiasaan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rina Fitrohati - Personal Name
|
Student ID |
201901065
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |