• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN DENGAN METODE BIL QOLAM DI ASRAMA NURUL ULUM MAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/2023 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN DENGAN METODE BIL QOLAM DI ASRAMA NURUL ULUM MAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/2023

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Agama Islam

    IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN DENGAN METODE BIL QOLAM DI ASRAMA NURUL ULUM MAN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2022/2023

    XML

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran al-Qur‟andengan metode bil Qolam di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo, untukmengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran alQur‟andenganmetodeBilQolamdiAsramaNurulUlumMANPurworejo,danuntukmengetahui hasil evaluasi pembelajaran al-Qur‟an dengan metode bilQolam di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan denganpendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti yaitudengan cara pengelompokan data, penjabaran hingga menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran membacaal-Qur‟an dengan metode Bil Qolam di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejomemiliki beberapa tahap kegiatan yaitu : kegiatan pembuka, kegiatan inti yangmeliputi talqin, ittiba‟, urdhoh, urdhoh bi nafsi, dan kegiatan penutup. 2) Faktorpendukung dalam penerapan metode bil Qolam adalah kemampuan membaca alQur‟ansantri masuk dalam kategori baik, antusiasme santri, motivasi dandukungan pengajar, metode bil Qolam menarik, dan dapat menambah wawasandan pengetahuan santri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah suasana yangkurang kondusif,santri yang saling mengganggu, dan alikasi waktu pembelajaranyang kurang. 3) Hasil evaluasi pembelajaran membaca al-Qur‟an dengan metodeBil Qolam di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo sudah masuk kedalamkategori baik, yakni dari 54 santri hanya 9% atau 5 santri yang belum dapatmembaca al-Qur‟an sesuai dengan indikator yang diterapkan di dalam metode BilQolam. Pada indikator makhraj diperoleh hasil sebesar 74,07% , pada indikatortajwid diperoleh hasil observasi sebesar 83,33%, pada indikator sifatul hurufdiperoleh hasil observasi sebesar 85,18%, dan pada indikator kelancaran diperolehhasil observasi sebesar 88,88%, hal tersebut menunjukkan bahwa kelancaranmembaca al-Qur‟an santri masuk dalam kategori sangat baik. Penerapan metodeBil Qolam memberikan dampak dan hasil yang positif terhadap kemampuanmembaca al-Qur‟an santri di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo.
    Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode Bil Qolam.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Rina Aminatul Hasna - Personal Name
    Student ID
    2019010043
    Dosen Pembimbing
    Dr. Muchotob Hamzah, MM. - - Dosen Pembimbing 1
    Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86208
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Agama Islam
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail