Prodi Pendidikan Agama Islam
KINERJA GURU DALAM MENDORONG OPTIMALISASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PURWANEGARA BANJARNEGARA
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui kinerja guru PAI; 2)untuk mengetahui kinerja guru dalam mendorong optimalisasi belajar siswa matapelajaran pendidikan agama Islam.Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatankualitatf deksriptif, dan memiliki kecenderungan analisis. Teknik pengumpulandata menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan juga literatur.Literatur yang digunakan tentunya yang terkait dengan penelitian, seperti buku,jurnal ilmiah, surat kabar, dan data elektronik. Teknik analisis data yangdigunakan adalah Analisa kualitatif deskriptif, yang dimana metode ini dilakukanpeneliti setelah peneliti mengumpulkan semua data yang dibutuhkan dalampenelitian, dan semua data terkumpul, lalu langkah selanjutnya penelitimelakukan seleksi data, klasifikasi data dan interprestasi yang sesuai dengantujuan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya kinerja guru PAI dalammeningkatkan kinerja, berada pada kesadaran diri sendiri karena menjadi guruharus berwawasan luas, kedisiplinan, memiliki jiwa sebagai pengajar, mau selalubelajar di era globalisasi dan selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan Agama,tentunya satu visi dan misi dengan kepala sekolah. Pengalaman guru jugamempengaruhi tingkat kinerja, membentuk karakter kewibawaan, kualitas,tanggung jawab dan kedisiplinan semakin besar. Upaya guru untuk meningkatkankinerjanya juga melalui pendekatan secara emosional, spiritual, dan sosial kepadapeserta didik karena ini dirasa lebih mudah diterima, peserta didik akan merasalebih akrab dengan guru, merasa diperhatikan melalui pendekatan jiwa. 2) Kinerjaguru PAI dalam mendorong optimalisasi belajar siswa mata pelajaran PendidikanAgama Islam, guru mengoptimalkan peserta didik untuk meningkatkan motivasi,keinginan belajar siswa, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi,menggunakan media sosial, menggunakan fasilitas, mengembangkan potensi ataubakat anak, menganjurkan mengikuti ekstrakulikuler, aktif di organisasi sepertiOSIS atau ROHIS, mendisiplinkan peserta didik untuk melaksanakan sholat wajibdzuhur berjamaah dan sholat dhuha, guru juga memahami karakter peserta didikdan karakter kelas, menasihati dengan cara pendekatan personal, memberi rewardberupa nilai tambahan, guru juga berusaha maksimal untuk mendorongoptimalisasi belajar siswa dan membangun adab, sopan, santun, etika supayapeserta didik mampu menerapkan di kehidupan sehari-hari dengan harapanmenjadi siswa-siswi yang unggul dalam akhlak dan prestasi.
Kata Kunci: Kinerja, optimalisasi, belajar, pendidikan, islam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Restu Eka Nur Aina - Personal Name
|
Student ID |
2019010483
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |