Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN ORANGTUA DALAM MEMBIASAKAN SHOLAT FARDHU PADA ANAK DI DUSUN CENGAN DESA JEKETRO KLEDUNG TEMANGGUNG
XML
Membiasakan anak menjalankan sholat fardhu sangat penting diterapkansejak dini terutama saat usia sekolah dasar karena pada fase ini anak cepatmenangkap apa yang diajarkan oleh orangtuanya. Anak belum sepenuhnya pahamtentang baik dan buruk. Mereka juga belum mempunyai kewajiban-kewajibanyang harus dikerjakan seperti orang dewasa. Sehingga anak perlu dibiasakandengan kewajibannya dengan dibimbing dan diarahkan, yaitu kewajiban dalammenjalankan sholat fardhu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikanperan orangtua dan pembiasaan sholat fardhu pada anak di Dusun Cengan DesaJeketro Kledung Temanggung. 2) Mendeskripsikan peran orangtua dalammembiasakan sholat fardhu pada anak di Dusun Cengan Desa Jeketro KledungTemanggung. 3) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambatperan orangtu adalam membiasakan sholat fardhu pada anak di Dusun CenganDesa Jeketro Kledung Temanggung.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknikpengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelahdata terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitupengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peranorangtua dan pembiasaan sholat fardhu pada anak di Dusun Cengan Desa JeketroKledung Temanggung sudah cukup bagus. Peran orangtua yang dilakukan antaralain memberikan motivasi, menyediakan fasilitas, orangtua menjadi contoh yangbaik untuk anaknya, dan membimbing anak untuk mejadi pribadi yang lebih baik.Adapun pembiasaan sholat fardhu pada anak dengan memberikan pengajaransecara terus menerus bukan hanya sesekali saja supaya apa yang diperintahkandan diajarkan oleh orangtua dapat dipraktekkan oleh anaknya dengan baik. 2)Peran orangtua dalam membiasakan sholat fardhu pada anak di Dusun CenganDesa Jeketro Kledung Temanggung beragam ada yang memberikan bimbinganketeladanan, nasehat, mengaja anak sholat berjamaah di rumah maupun di masjid,serta memberikan hadiah edukatif untuk memotivasi anak lebih bersemangatdalam menjalankan sholat fardhu. 3) Faktor pendukung peran orangtua dalammembiasakan sholat fardhu pada anak adalah adanya sarana da prasarana yangmemadai, lingkungan yang baik, serta adanya dorongan dari orangtua yangmenjadikan anak termotivasi untuk menjalankan sholat. Sedangkan faktorpenghambat peran orangtua dalam membiasakan sholat fardhu pada anak adalahadanya teknologi yang semain canggih, adanya siaran televisi, lingkunganpertemanan yang tidak mengenal waktu, dan kesibukan orangtua.
Kata kunci : Peran Orangtua, Pembiasaan Sholat Fardhu Pada Anak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Putri Ardani - Personal Name
|
Student ID |
2019010077
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |