PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 PAGEDONGAN BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 PAGEDONGAN BANJARNEGARA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kompetensipedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pagedongan2) Mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 3 Pagedongan 3)Mengetahui sejauh manakah kompetensi pedagogik guru mempengaruhi motivasibelajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3Pagedongan.Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana jenispenelitiannya bersifat korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeangket dan wawancara. Kemudian, sumber data diperoleh dari data primer dandata skunder (data langsung dari lapangan, buku-buku, skripsi terdahulu, artikelartikel,dan situs internet). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalahanalisis regresi sederhana dimana teknik ini digunakan untuk memprediksiseberapa jauh nilai variabel dependen bila nilai variabel independen dimanipulasiatau dinaik-turunkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru diSMPN 3 Pagedongan berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar40,6%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar guru belummenerapkan kompetensi pedagogik dengan maksimal. 2) Motivasi belajar siswa diSMPN 3 Pagedongan berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar38.5%, mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang dalampembelajaran dikarenakan kurang maksimalnya guru mengimplementasikanaspek-aspek yang menjadi dasar dalam mengajar. 3) Pengaruh kompetensipedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa diSMPN 3 Pagedongan menunjukkan korelasi 0,401 menunjukkan korelasi sedang.Dari perhitungan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa pengaruhkompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16,1% dansisanya 83,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dariperhitungan hipotesis diperoleh hasil sebesar 4,244 lebih besar dibandingakn???????????????????????? 2,629 menandakan adanya pengaruh yang signifikan antar kompetensipedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, motivasi belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Pipit Ida Rosanti - Personal Name
Student ID
2019010147
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail