Pipit Ida Rosanti
Pengarang
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 2
Drs. Noor Aziz, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag.
Penguji 2
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kompetensipedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pagedongan2) Mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa SMPN 3 Pagedongan 3)Mengetahui sejauh manakah kompetensi pedagogik guru mempengaruhi motivasibelajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3Pagedongan.Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana jenispenelitiannya bersifat korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeangket dan wawancara. Kemudian, sumber data diperoleh dari data primer dandata skunder (data langsung dari lapangan, buku-buku, skripsi terdahulu, artikelartikel,dan situs internet). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalahanalisis regresi sederhana dimana teknik ini digunakan untuk memprediksiseberapa jauh nilai variabel dependen bila nilai variabel independen dimanipulasiatau dinaik-turunkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru diSMPN 3 Pagedongan berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar40,6%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar guru belummenerapkan kompetensi pedagogik dengan maksimal. 2) Motivasi belajar siswa diSMPN 3 Pagedongan berada pada kategori sedang dengan presentase sebesar38.5%, mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa masih kurang dalampembelajaran dikarenakan kurang maksimalnya guru mengimplementasikanaspek-aspek yang menjadi dasar dalam mengajar. 3) Pengaruh kompetensipedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa diSMPN 3 Pagedongan menunjukkan korelasi 0,401 menunjukkan korelasi sedang.Dari perhitungan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa pengaruhkompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 16,1% dansisanya 83,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dariperhitungan hipotesis diperoleh hasil sebesar 4,244 lebih besar dibandingakn???????????????????????? 2,629 menandakan adanya pengaruh yang signifikan antar kompetensipedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi, pedagogik, motivasi belajar