• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISHLAH PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISHLAH PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Agama Islam

    KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISHLAH PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL

    XML

    Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2023.Kemajuan pendidikan di negara-negara maju tidak lain disebabkan olehpenerapan perencanaan pendidikan yang lengkap, tanpa perencanaan makabanyak masalah pendidikan yang akan tertunda penanganannya. Perencanaandalam pendidikan disebut sebagai kurikulum. Saat ini Indonesia sedangmenggalakkan sebuah kurikulum baru yang bernama Kurikulum Merdeka, hal inimenuntut semua lembaga pendidikan untuk mempersiapkan diri dalammenghadapi kurikulum tersebut, termasuk di MTs Al Ishlah PageruyungKabupaten Kendal.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep kurikulum merdekapada tingkat Sekolah Menengah Pertama/MTs; 2) Mengetahui kesiapan gurupendidikan agama Islam dalam menghadapi kurikulum merdeka di MTs Al IshlahPageruyung Kabupaten Kendal; 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambatguru pendidikan agama Islam dalam menghadapi kurikulum merdeka di MTs AlIshlah Pageruyung Kabupaten Kendal..Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh darisumber data primer dan data sekunder (observasi, wawancara, dan dokumentasiyang berkaitan dengan kurikulum merdeka). Adapun teknik analisis yangdigunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep kurikulum merdeka padatingkat satuan pendidikan SMP/MTs berbeda dengan tingkat satuan pendidikanlainnya. 2) Kesiapan guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi kurikulummerdeka di MTs Al Ishlah Pageruyung kabupaten kendal sudah dimulai dengansosialisasi awal, memodifikasi RPP dengan penambahan Profil Pelajar Pancasila,pengadaan laboratorium komputer, serta upaya peningkatan SDM. Namun biladibandingkan dengan teori yang ada, kesiapan tersebut masih kurang, karena guruPAI belum memahami kurikulum merdeka, belum mengikuti pelatihan tentangkurikulum merdeka, belum memahami platform “merdeka mengajar”, kualitasguru PAI belum begitu baik, guru PAI masih menggunakan metode ceramah,serta infrastruktur sekolah masih rendah. 3) Faktor pendukung guru PAI dalammenghadapi kurikulum merdeka di MTs Al Ishlah: Adanya bimbingan daripengawas madrasah, guru sudah bisa menggunakan media digital dan mengajarsesuai keahlian, penganggaran biaya sekolah sudah tertata di RKAM, adanyalaboratorium komputer. Faktor penghambat guru PAI dalam menghadapikurikulum merdeka di MTs Al Ishlah: sosialisasi kurang, media digital belummemadahi, peningkatan kualitas guru PAI masih terhambat, infrastruktur sekolahrendah.
    Kata Kunci: Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, MadarasahTsanawiyah


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Oriza Nurfitriani - Personal Name
    Student ID
    2019010421
    Dosen Pembimbing
    Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
    M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86208
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Agama Islam
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail