Nutiaseliana Cahyaningrum
Pengarang
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I.
Dosen Pembimbing 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana metodepembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN 1Kaliwiro Wonosobo dapat diajarkan dengan metode snowball throwing; 2) untukmengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan metodepembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran pendidikan agama islamkelas VIII di SMPN 1 Kaliwiro Wonosobo; 3) untuk mengetahui perbedaanprestasi belajar siswa yang menggunakan metode snowball throwing dengan yangmenggunakan metode konvensional.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen kuasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C sebagai kelaskontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data padaskripsi ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari tes kelaskontrol dan eksperimen diolah, dianalisis dan dibagikan menggunakan uji t-testdan uji gain untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan metodepembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran PAI mendapatkan responyang baik dari para siswa; 2) terdapat pengaruh metode pembelajaran snowballthrowing terhadap hasil belajar peserta didik yang menunjukkan hasil yangsignifikan; 3) ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan teskenaikan untuk kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,595. Selanjutnyadengan menggunakan uji t dimana terdapat perbedaan pembelajaran denganmetode snowball throwing pada kelas eksperimen dan metode bicara pada kelaskontrol ditunjukan dengan uji-t thitung > ttabel baik pada taraf kepentingan 1%menjadi spesifik 3,335 > 2,69. Sementara itu, pada tingkat kepentingan 5% ttabel2,014.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, Prestasi Belajar