Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENANGANAN KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA SD N 2 SIKUNANG WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kesulitan membaca danmenulis al-Qur‟an siswa kelas 4 SD N 2 sikunang; 2) Untuk mengetahuistrategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam mengatasi kesulitanmembaca dan menulis al-qur‟an siswa SD N 2 Sikunang .Skripsi ini menggunakan pelndelkatan pelnellitian melnggunakan pelnellitiankualitatif, seldangkan belntuk studi pelnellitian ini melrupakan pelnellitian diskriptif.Pelnellitian delskriptif adalah sifat pelnellitian yang belrusaha melnggambarkankelmudian melngintelrpreltasikan olbjelk pelnellitian apa adanya. Lolkasi pelnellitian inidilaksanakan di SD N 2 Sikunang Wolnolsolbol. Delngan alasan bahwadiselkollahan SD N 2 Sikunang Wolnolsolboltelrdapat kelunikan yaitu budayamelmbaca Al-Quran selbellum melmulai pelmbellajaran dan melmbaca asmaul husnaseltellah mellaksanakan selnam pagi, selbagai upaya melningkatkan kelsadaran siswaakan pelntingnya melmbaca Al-Quran selbagai peltunjuk hidup umat muslim.dan juga selbagai upaya melningkatkan kualitas melmbaca Al-Quran siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam membaca danmenulis al-Qur‟an pada pembelajaran di sekolah tampak jelas dari menurunnyakinerja akademik dan prestasi belajarnya. Faktor yang dapat menyebabkankesulitan membaca dan menulis Al-qur‟an di sekolah ini sangat beragam, jika,dikaitkan dengan faktor-faktor yang berperan dalam belajar, penyebab kesulitanbelajar tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu faktor internal danfaktor eksternal. Oleh sebab itu diperlukan tahapan strategi pembelajaran yangdilakukan oleh guru. 2) Strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalammengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur‟an terdapat beberapa tahapanstrategi pembelajaran lebih rinci yaitu mendengarkan kata, dimana gurumemberikan kesempatan siswa untuk mendengarkan kata yang disampaikan olehguru, apabila unsur bunyi dari kosakata tersebut sudah dikuasai oleh siswa makasiswa dapat mendengarkan dengan baik, kemudian mengucapkan kata, dalamtahap ini guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengucapkan katayang telah didengarkan sebelumnya, selanjutnya mendapatkan makna kata,kemudian menulis kata, dalam tahap ini guru memberikan kesempatan kepadasiswanya untuk menulis kata yang telah di dengar, diucapkan, dan dipahami olehsiswa.
Kata Kunci: Strategi, Kesulitan, Membaca, Menulis, Al-Qur‟an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurul Maftuchah - Personal Name
|
Student ID |
2019010116
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |