Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN 2022/2023
XML
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan Pendekatan Saintifikpada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Purwareja KlampokBanjarnegara Tahun 2022/2023; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswakelas VIII setelah menggunakan Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran PAI diSMP Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara Tahun 2022/2023; 3) mengetahuiperbedaan hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan Pendekatan Saintifikdan yang tidak menggunakan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 PurwarejaKlampok Banjarnegara Tahun 2022/2023.xxiSkripsi ini menggunakan True Experimental Design dan metode PretestPosttestControlGroupDesign.KelasVIIIHsebagaikelascontroldankelasVIIIGsebagaikelaseksperimen.Instrumenyangdigunakandalampengumpulandataberupasoal tes materi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yangharam.Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis dengan ujinormalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji t dua pihak dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan saintifik dalammeningkatkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen pada materi makanan danminuman yang halal dan menjauhi yang haram. Pembelajaran banyak melibatkansiswa untuk aktif. Siswa mampu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Peserta didik dapat menggali informasidari berbagai sumber belajar seperti modul atau internet. Siswa juga tidak lupasaling berdiskusi untuk memunculkan ide-ide yang kemudian dipresentasikan didepan kelas sehingga pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan; 2)Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik didapatkan dari hasil uji gain adalah 0,52 yang berarti tingkat keberhasilan sedangkarena hasil uji gain yaitu 0,3 > g > 0,7. Sedangkan untuk kelas kontrol hasil ujigain 0,37 yang berarti tingkat keberhasilan sedang, akan tetapi lebih rendah darikelas eksperimen; 3) Hasil perhitungan diketahui bahwa ada perbedaan hasilbelajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini terlihat daari hasiluji hipotesis yang menunjukan bahwa thitung (2,60)>ttabel (2,01) dk 25 dan tarafsignifikan 5% sebesar 2,01. H0 ditolak dan Ha yang berbunyi “Ada pengaruh hasilbelajar siswa kelas VIII setelah menggunakan pendekatan saintifik pada matapelajaran PAI” diterima.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, PAI.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nining Tri Wahyuni - Personal Name
|
Student ID |
2019010274
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |