Prodi Pendidikan Agama Islam
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK DI SMP N 2 SELOMERTO WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui nilai Profil PelajarPancasila pada peserta didik SMP N 2 Selomerto. (2) Untuk mengetahui strategiGuru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Profil Pelajar PancasilaPeserta Didik Di SMP N 2 Selomerto . (3) Untuk Mengetahui Apa Sajakah FaktorPendukung Dan Penghambat Dalam Upaya Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenanamkan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Di SMP N 2 SelomertoWonosobo.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field researchdengan pendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa. Untukmendapatkan data yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai profil pelajar Pancasila yaituberiman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaanglobal, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penanaman profilpelajar Pancasila di SMP N 2 Selomerto menghasilkan hampir semua profilpelajarPancasila terdapat pada siswa SMP N 2 Selomerto. Upaya guru dalam penanaman menggunakan beberapa banyak cara yaitu Menyampaikan pemahaman tentang pancasasila, memberikan contoh-contoh konkrit, mendorong diskusi dan refleksi,mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran lain, mengadakankegiatan ekstrakurikuler melibatkan orang tua dalam proses pendidikan Pancasila,menjadi contoh teladan. Faktor pendukung Upaya guru Pendidikan agama islamdalam penanaman profil pelajar Pancasila yaitu antusias siswa dalam mengikutikegiatan, fasilitas sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan program,komite sekolah yang selalu mendukung kegiatan.serta faktor penghambatnyayaitu berasal dari individu sendiri yaitu memiliki pada masing-masing idividudalam menanamkan profil pelajar pancasila contoh mereka sangat kurang dalammenumbuhkan sikap disiplin dan kerja sama, siswa yang tidak terbiasa disiplin dirumah kesulitan membagi waktu dengan program kegiatan yang dilaksanakandisekolah. Keterbatasan guru dalam endesain rencana program kegiatan sehiggakegiatan berjalan seadanya, kurangnya kesadaran baik siswa maupun guru terkaitpentingnya penguatan profil pelajar Pancasila, kurangnya kolaborasi baik antarasiswa dan guru.
Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman Profil PelajarPancasila.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nafis Birki Amalia - Personal Name
|
Student ID |
2019010296
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |