UPAYA GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA DI SD NEGERI 2 SLUKATAN MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

UPAYA GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA DI SD NEGERI 2 SLUKATAN MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apa saja bentuk dari perilakuperundungan (Bullying) pada siswa di SD Negeri 2 Slukatan; 2) mendeskripsikanupaya guru pendidikan agama Islam dalam meminimalisir perilaku perundungan(Bullying) pada siswa di SD Negeri 2 Slukatan; 3) mengetahui faktor pendukungdan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam meminimalisirperilaku perundungan (Bullying) pada siswa di SD Negeri 2 Slukatan.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulandata menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, sumberdata diperoleh dari sumber penelitian yaitu Kepala Sekolah, guru pendidikanagama Islam, dan beberapa peserta didik. Adapun teknik analisis yang digunakanadalah teknik purpose sampling, yang dimana pengambilan sampel tersebut sesuaidengan tujuan penelitian. Langkah yang pertama ada pengumpulan atau koleksidata, kedua reduksi data, yang ketiga penyajian data, dan yang keempat menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk perilaku bullyingsiswa yang ada di SD Negeri 2 Slukatan dapat dikelompokkan menjadi 2 macamyaitu yang pertama bullying secara verbal seperti memanggil nama temannyadengan sebutan orang tua, mengolok-olok, dan berkata kotor, dan yang keduabullying secara fisik seperti menjegal kaki, menarik jilbab, memukul, mendorongdan menendang; 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan hasilnya dalammengatasi perilaku bullying siswa di SD Negeri 2 Slukatan yaitu denganmemberikan edukasi atau sosialisasi, memberikan nasehat, pembiasaan programprogramkeagamaan, memberi contoh atau teladan yang baik, dan memberikanhukuman efek jera kepada pelaku bullying; 3) Faktor pendukung guru PAI dalammengatasi bullying yaitu kesadaran warga madrasah untuk menerapkan nilai-nilaiagama, mata pelajaran PAI yang banyak akan nilai baiknya, kerja sama dankoordinasi antar warga madrasah dan lokasi lingkungan sekolah yang berada dilingkungan religi. Sedangkan untuk faktor penghambat guru PAI dalam mengatasiperilaku bullying yaitu faktor lingkungan yaitu keluarga dan pergaulan siswa, danpengaruh negatif dari teknologi.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Siswa, Guru, Pendidikan Agama Islam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2020010083
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nasokha, M.Ag., Alh - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail