Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP WAWASAN KE-NU-AN BAGI SISWA KELAS 5 MI MA’RIF GESING WONOSOBO
XML
Guru pendidikan agama Islam sebagai komponen utama pendidikanagama di sekolah merupakan figur yang berperan penting dalam memberipemahaman materi dan pelaksanaan praktik keagamaan di sekolah. Tujuan daripenulisan skripsi ini Untuk mengetahui perandan upaya guru untuk meningkatkanpemahaman wawasan ke-NU-an serta untuk mengetahui Kegiatan sekolah apasaja yang mendukung pemahaman ke-NU-an.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penellitian ini dilakukan diMI Ma‟arif Gesing Wonosobo. Sumber data yang digunakan adalah data primeryang di peroleh dari responden melalui, hasil wawancara peneliti dengannarasumber kepala sekolah, guru kelas dan siswa sebagai informan. setelah semuadata terkumpul maka labgkah selanjutnya yaitu analisis data menggunakan teoriMilles and Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sangat penting dalammembimbing siswanya agar paham dengan materi wawasan ke NU an. Sebagaiguru kelas SD maka guru-guru yang ada di MI Ma‟arif Gesing Wonosobomenggunakan berbagai upaya agar peserta didik paham dengan materi yang diajarkan guru. Di MI Ma‟arif Gesing Wonosobo memiliki berbagai macamkegiatan yang mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai wawasan keNU-anSeperti pada kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan upacara, kegiatan piketkelas dan kegiatan lainnya.
Kata Kunci : Peran; Guru; ke-NU-an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Fajar - Personal Name
|
Student ID |
201801261
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Najib Al Adip, S.S,.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |