Mochammad Khafidul Furqon
Pengarang
Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M
Dosen Pembimbing 1
Darul Muntaha, S.Sos.I., M.Pd.I
Dosen Pembimbing 2
Dr. Moh. Sakir, M Ag
Penguji 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag.
Penguji 2
Permasalahan krisisnya moral yang menjangkit bangsa bertolak belakangdengan perintah Al-Qur‟an surah Al-An‟ām ayat 151-153 dan pendidikan karaktermerupakan salah satu upaya dalam menanamkan karakter baik yang sesuai denganperintah Al-Qur‟an.Dalam penelitian ini mencari apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam AlQuransurahAl‟An‟āmayat151-153yangtujuannyauntukmengetahuinilai-nilaipendidikankarakteryangterkandungdalamAl-Qur‟ansurahAl-An‟āmayat151153.Penelitianinimerupakanpenelitiankepustakaan(libraryresearch).SumberdataprimernyaAl-Qur‟an dan terjemahannya, tafsir Al-Misbah karya M.QuraishShihab khusus surah Al-An‟ām ayat 151-153, tafsir fi zhilalil Qur‟an karya sayyidQuthb khusus surah Al-An‟ām ayat 151-153, dan tafsir Ibnu Katsir karyaMuhammad Nasib Ar-Rifa‟i khusus surah Al-An‟ām ayat 151-153. Sedangkansekundernya adalah buku-buku yang ada relevansinya dengan penelitian. Teknikpengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan analisis yang digunakanadalah analisis isi (countent analysis).Hasil penelitian ini menunjukan adanya nilai-nilai pendidikan karakter yangterkandung dalam Al-Qur‟an surah Al-An‟ām ayat 151-153 yaitu: (1) Nilairelegius: jangan mempersekutukan sesuatupun dengan Allah SWT, jangan dekatisegala macam kekejian baik dhahir maupun batin, janji Allah SWT hendaklahpenuhi dan jalan Allah SWT yang lurus hendaklah turuti. (2) Nilai jujur: penuhilahsukatan dan timbangan dengan adil dan apabila berkata-kata hendaklah adil. (3)Nilai cinta damai: jangan membunuh jiwa yang diharamkan Allah SWT kecualidengan haknya dan jangan bunuh anak-anakmu karena takut miskin. (4) NilaiTanggung jawab: perintah berbakti kepada kedua orangtua dan jangan mendekatiharta anak yatim kecuali dengan cara yang amat baik.xiiKata kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Tafsir Al-Misbah, Qur’an Surat AlAn’āmAyat151-153.