Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS TAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO
XML
Skripsi ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui lingkungan sekolah MTsTakhassus Al-Qur'an Wonosobo. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa MTsTakhassus Al-Qur'an Wonosobo. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhlingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelasVIII di MTs Takhassus Al-Qur’an di Wonosobo.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk survei.Pengumpulan data penelitian diperoleh dari observasi, angket dan dokumentasi.Sebelum digunakan intrumen penelitian dilakukan uji baik validitas maupunreliabilitasnya. Sampel yang digunakan yakni seluruh siswa kelas VIII yangberjumlah 75 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan ujipearson product momen correlation dimana “r” hitung akan dibandingkan dengan“r” tabel pada taraf signifikan 1% maupun 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan sekolah MTsTakhassus Al-Quran memiliki angka persentase sebesar 27,78% dan masuk dalamkategori kurang baik. 2) Minat belajar siswa MTs Takhassus Al-Quran memilikiangka persentase sebesar 24,29% dan masuk dalam kategori kurang baik. 3) Darihasil pengujian korelasi didapati bahwa “r” hitung > “r” tabel baik pada tarafsignifikan 1% maupun 5% (0,657>0,296>0,227), dan memiliki taraf signifikanyang kuat. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolahterhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs TakhassusAl-Qur’an Wonosobo.
Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Minat Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maulana Chasan - Personal Name
|
Student ID |
2019010162
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |