Prodi PIAUD
STRATEGI PENINGKATAN BERBAHASA ANAK MELALUI BERCERITA KEGIATAN SEHARI- HARI DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS DI RA MASYITHOH 1 TEGESWETAN KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
XML
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana penerapan strategi bercerita kegiatan sehari-hari dengan media wayang kertas pada anak di RA Masyithoh 1 Tegeswetan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2022/2023.(2) bagaimana peningkatan berbahasa anak melalui strategi bercerita kegiatan sehari-hari dengan media wayang kertas pada anak di RA Masyithoh 1 Tegeswetan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2022/2023 . (3) faktor penghambat dan pendukung penerapan strategi bercerita kegiatan sehari-hari dengan media wayang kertas untuk meningkatkan bahasa anak di RA Masyithoh 1 Tegeswetan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dan guru di RA Masyithoh I Tegeswetan Kepil Wonosobo yang berjumlah 22 anak. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan Teknik Triangulasi Data. Hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan strategi bercerita kegiatan seharihari dengan media wayang kertas pada anak di RA Masyithoh 1 Tegeswetan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo adalah guru menerapkan bercerita kegiatan sehari-hari dengan media wayang kertas hal ini bertujuan untuk dapat mnarik perhatian anak agar anak aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan berbahasa anak bisa ditingkatkan dengan maksimal. (2) Peningkatan Kemampuan berbahasa Anak di RA Masyithoh Tegeswetan Kepil Wonosobo cukup baik. Anak yang masuk kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 64%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 18%, kriteria Mulai Berkembang (MB) berjumlah 18% dan sedangkan untuk kategori Belum Berkembang tidak ada. Melalui strategi bercerita kegiatan sehari-hari dengan media wayang kertas dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, hal ini dikarenakan anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan anak lebih tertarik dengan media wayang kertas. (3) Faktor pendukung dalam mengembangkan bahasa anak salah satunya keinginan dan dorongan berkomunikasi dengan teman sebaya. Beberapa faktor pemhambat dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui metode bercerita atau bercerita: (a) belum terbiasanya anak berbahasa Indonesia, (b) kurangnya percaya diri anak dalam berbahasa Indonesia. (c) Kurangnya media dalam bercerit, (d) Faktor Lingkungan
Kata Kunci : Strategi Bercerita , Media Wanyang Kertas, Berbahasa Anak Usia Dini.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Wasilatur Rokhmah - Personal Name
|
Student ID |
2019240056
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |