Prodi Manajemen
PENGARUH GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS SAINS AL-QUR'AN WONOSOBO)
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian iphone dengan citra merek sebagai variabel intervening pada mahasiswa FEB Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo. Data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari responden langsung. teknik non probability sampling dengan metode pengambilan sampel convenience sampling yaitu secara kebetulan yang dianggap cocok dengan karakteristik sampel. Sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 100 mahasiswa FEB Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo. Kuesioner yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 22. Uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji kelayakan model berdasarkan nilai Goodness of Fit (GoF), kemudian dilakukan uji hipotesis dengan tehnik SEM dengan menggunakan software AMOS.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh negatif dan tidak signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan dengan CR -0,022 < 1,96 dan P 0,825 > 0,05. Harga berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan CR 1,599 < 1,96 dan P 0,11 > 0,05. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui citra merek dengan SDE 0,045 < SIE 0,080. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui citra merek dengan SDE 0,001 < SIE 0,398. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dengan CR 2,931 > 1,96 dan P 0,003 < 0,05. Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan dengan CR 0,214 < 1,96 dan P 0,831 > 0,05. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan CR 2,257 > 1,96 dan P 0,032 < 0,05.
Kata kunci: Gaya Hidup, Harga, Keputusan Pembelian dan Citra Merek
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nikmatul Maula Azizah - Personal Name
|
Student ID |
2018110201
|
Dosen Pembimbing |
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M. - - Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FE-M 1370 NIK p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |