Lin Badingatus Sangadah
Pengarang
Maryono, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Penguji 1
Firdaus, M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui implementasistrategi pembelajaran dengan metode Gallery Walk di kelas X-E SMA Negeri1 Wonosobo dan mengetahui faktor prndukung dan penghambatimplementasistrategi pembelajran dengan metode Gallery Walk di kelas X-ESMA Negegri 1 Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan denganpendekatan deskriptif, dengan data diperoleh dari hasil dilakukannya observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek utama penelitian ini yaitu siswasiswi kelas X-E yang berjumlah 34 orang dan 1 Guru Mata PelajaranPendidikan Agama Islam. Dengan teknik analisis data meggunakanpengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan/Verifikasi.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : Siswa menyukai danmerasa nyaman jika proses pembelajaran dilakukan dengan metode GalleryWalk, pada kelas X-E SMA Negeri 1 Wonosobo merupakan kelas yang tertarikdan cocok untuk diterapkan pembelajaran dengan metode Gallery Walk yangberdampak pada siswa mudah dalam memahami materi pembelajaran, siswalebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengikuti pembelajaran. Implementasididukung dengan materi pembelajaran yang cocok dan tenaga pendidik yangkompeten. Namun, terdapat beberapa siswa yang kurang dapat bekerja samaterkait dengan konsep metode pembelajaran Gallery Walk, sehinggaberdampak pada menejemen waktu yang kurang maksimal.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Metode Gallery Walk, SMA Negeri 1Wonosobo