Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STS (SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY) MATERI GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika yang valid, praktisdigunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan literasi sains siswa.Modul fisika yang dikembangkan merupakan modul pembelajaran berbasis STS(Science, Technology, Society) materi pemanasan global untuk meningkatkanliterasi sains siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Researchand Development (R&D) yaitu metode penelitian yang menghasilkan produk baikberupa model, modul, media dan lain-lain. Model yang digunakan peneliti adalah4D (fours D Models). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahlimateri, lembar validasi ahli media, lembar respon siswa untuk menilai kepraktisanmodul, soal literasi sains yang digunakan pada pretest dan postest. Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas XI SMA dengan sampel sebanyak 23 siswa. Daripenelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) hasil validasi modulpembelajaran oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 2 ahli praktisi diperoleh hasilpersentase keseluruhan sebesar 86,7% termasuk kategori sangat valid; (2) nilaikepraktisan modul berdasarkan uji kepraktisan oleh siswa diperoleh persentase90% termasuk kategori sangat praktis; (3) modul dapat meningkatkan literasisains siswa dilihat dari rata-rata skor pretest dan posttest, terdapat peningkatanskor literasi sains, pada saat pretest memperoleh skor rata-rata 56,60. Sedangkanpada posttest diperoleh nilai rata-rata 79,39.
Kata Kunci: STS (Science, Technology, Society), Global Warming, Literasi Sains.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Layla Khasanah - Personal Name
|
Student ID |
2019020012
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |