Prodi PIAUD
PENGARUH BERMAIN PASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI PADA ANAK KELOMPOK A DI POS PAUD PELITA MANDIRI PAGEREJO
XML
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pelaksanaan bermain pasaran dalam upaya peningkatan sikap disiplin, 2) untuk mengetahui pengaruh bermain pasaran dalam upaya peningkatan sikap disiplin, 3) untuk mengetahui besarnya peningkatan disiplin pada anak kelompok A di Pos PAUD Pelita Mandiri Pagerejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan penelitian Pre-Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anakanak PP Pelita mandiri. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Rendom. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel satu kelas dari kelas A yang berjumlah 30 anak yang nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan skala nilai (rating scale). Analisis data menggunakan uji prasayarat, uji t dan uji gain dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan bermain Pasaran pada kelompok eksperimen pertama dapat dilakukan dengan menggunakan metode bermain pasaran yang termasuk dalam lingkup bermain peran. Pembelajaran banyak melibatkan anak untuk aktif dalam setiap peran yang didapat, pembagian waktu main, serta menaati aturan bermain yang dilakukan. Karena ketika bermain peran tidak tepat waktu dan tidak sesuai perannya maka tidak bisa bermain. Kegiatan ini bagus untuk melatih sikap disiplin anak usia dini . 2) Pengaruh Bermain Pasaran dalam upaya peningkatan sikap isiplin anak usia dini bisa dilihat dari hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 3,935 t hitung > t tabel (3.935>2,14479) maka H0 ditolak dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil skor pada sebelum dan sesudah treatment karena nilai Sig.<0,05 (0,00<0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Besarnya peningkatan sikap disiplin anak usia dini yakni dari perolehan Rata-rata N-Gain Score untuk kelompok eksperimen adalah 81,33% (0,813) lebih besar dari skor yang diperoleh kelompok kontrol adalah 49,5% (0,495). Ada peningkatan sikap disiplin pada kelompok eksperimen dan peningkatan tersebut tergolong tinggi dengan taraf efektivitas metode bermain pasaran sebesar 81,3%. Kesimpulannya yaitu ada perbedaan peningkatan sikap disiplin antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Kata Kunci : Bermain Pasaran, Kedisiplinan Anak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Riska Nafalia - Personal Name
|
Student ID |
2016240001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |