• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN TERJEMAH DAN NON TERJEMAH DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL QINDILIYYAH KALIBEBER WONOSOBO EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN TERJEMAH DAN NON TERJEMAH DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL QINDILIYYAH KALIBEBER WONOSOBO

    Detail Cantuman

    Prodi Pendidikan Agama Islam

    EFEKTIVITAS METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN TERJEMAH DAN NON TERJEMAH DI PONDOK PESANTREN ULUMUL QUR’AN AL QINDILIYYAH KALIBEBER WONOSOBO

    XML

    Skripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan Metode Menghafalal-Qur’an dengan al-Qur’an Terjemah dan Non Terjemah; (2) MenjelaskanPerbandingan antara Metode Menghafal al-Qur’an dengan al-Qur’an Terjemah danNon Terjemah dan; (3) Menguaraikan Faktor-faktor Pendukung dan Penghambatbagi Metode Menghafal al-Qur’an dengan al-Qur’an Terjemah dan Non Terjemah.
    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatankomparatif (comparative study) dan studi lapangan. Objek Lapangan penelitian iniadalah Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Al-Qindiliyyah (PPUQ), KalibeberWonosobo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampelprobability sampling yang secara khusus mengambil jenis teknik sampel simplerandom sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah santri yang berjumlah 70orang di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an al-Qindiliyyah. Kemudian dari jumlah70 tersebut, diambil 20 santri tahfidz yang memakai al-Qur’an terjemah dan 20santri yang menggunakan al-Qur’an non Terjemah sebagai sampel. Teknikpengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, penyebaranangket atau kuisioner dan dokumentasi. Sementara teknis analisis datamenggunakan uji Normalitas, Homogen dan Hipotesa.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, ketika proses menghafalpara santri menggunakan al-Qur’an Terjemah namun ketika menyetorkan hafalan,mereka menggunakan al-Qur’an non Terjemah. Kedua, Penggunaan metodemenghafal al-Qur’an dengan al-Qur’an terjemah dan non terjemah berbeda. Hal inidibuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan perolehan thitung sebesar2,551782 dan lebih besar dari ttabel yang berjumlah 2,024394. Hasil perhitunganangket juga menunjukan bahwa rata-rata penggunaan al-Qur’an terjemah lebihbesar yaitu 61,5 sementara penggunanan al-Qur’an non terjemah adalah 54, 4.Ketiga, kedua metode menghafal al-Qur’an terjemah dan non terjemah memilikifaktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung seperti ketersediaan mushafyang memadai, adanya dukungan dari pimpinan pesantren, ustadzah dan orang tuasantri dan tempat untuk menghafal yang layak. Sementara faktor penghambatseperti ketidak mampuan para santri menghadapi rasa malas dan kurang tegasnyakedisiplinan diterapkan bagi santri yang tidak setoran hafalan al-Qur’an.
    Kata Kunci : Menghafal al-Qur’an, Metode al-Qur’an Terjemah, Metode al-Qur’an non Terjemah.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Kurota A’yunin - Personal Name
    Student ID
    2019010225
    Dosen Pembimbing
    Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
    Dr. H. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86208
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Agama Islam
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail