Prodi PIAUD
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MENCETAK HURUF DENGAN MEDIA PASIR KINETIK PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MA’ARIF KARANGANYAR KEC.WADASLINTANG KAB.WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2022-2023
XML
Aspek perkembangan bahasa menjadi penting untuk dikembangakan karena manusia dalam menjalani hidupnya terutama ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain membutuhkan bahasa sebagai sarananya. Pengetahuan tentang ketrampilan keaksaraan merupakan upaya pembelajaran yang diawali dengan pengenalan huruf, angka dan cara penulisannya sampai pada kemampuan warga belajar keaksaraan fungsional dalam membaca, menulis dan berhitung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode permainan mencetak huruf dengan pasir kinetik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di RA Ma‟arif Karanganyar, mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah diterapkan metode permainan mencetak huruf dengan pasir kinetik pada anak kelompok A di RA Ma‟arif Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi., subjek dalam penelitian adalah anak-anak kelas A di RA Ma‟arif Karanganyar berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan permainan mencetak huruf dengan media pasir kinetik dapa anak kelas A di RA Ma‟arif Karanganyar kecamatan Wadaslintang kabupaten Wonosobo dilakukan dengan cara mencontohkn terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan alat permainan pasir kinteik tersebut, kemudian guru memberikan contoh tulisan yang harus dicetak oleh anak-anak. Permainan mencetak huruf tersebut dilakukan bergantian dalam satu kelompok yang beranggotakan empat anak. Kemudian guru memberikan apresiasi kepada anak-anak dengan memberikan stiker emoticon smile. 2) Adanya peningkatan pada kemampuan membaca permulaan anak setelah diterapkan permainan mencetak huruf dengan pasir kinetik. Perbandingan studi awal, siklus I dan juga siklus II, diperoleh peningkatan yang signifikan yakni pra siklus kemampuan membaca permulaan anak masih di angka 0% untuk anak yang berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Kemudian pada siklus I kemampuan membaca permulaan anak sudah mencapai 11,7% yang masuk kedalam kategori berkembang sangat baik dan 47% yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan. Kemudian pada siklus II kemampuan membaca permulaan anak mencapai 71% untuk anak yang msuk kategori berkembang sangat baik dan 29% untuk anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan.
Kata Kunci : Peningkatan, Membaca Permulaan, Pasir Kinetik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ni’matur Rokhmah - Personal Name
|
Student ID |
2019240054
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |