PEMBELAJARAN ENTREPRENEUR UNTUK ANAK USIA DINI PADA TEMA KEBUTUHANKU DI RA GUPPI PEKAUMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PEMBELAJARAN ENTREPRENEUR UNTUK ANAK USIA DINI PADA TEMA KEBUTUHANKU DI RA GUPPI PEKAUMAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran entrepreneur untuk anak usia dini pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui fektifitas pembelajaran entrepreneur untuk anak usia dini pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung pada kegiatan pembelajaran entrepreneur untuk anak usia dini pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian sumber data diperoleh dari subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tak terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang lengkap, reduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dan membuang yang tidak perlu, data display dengan menyajikan data yang sudah di reduksi dan verifikasi data sebagai lanjutan dari reduksi data dan display data sehingga data dapat disimpulkan dan peneliti masih berpeluang untuk menerima masukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pembelajaran entrepreneur pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman yaitu mengintregasikan nilai-nilai entrepreneur pada anak didik melalui pembelajaran pembiasaan, PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan Puncak Tema : Cooking Class. 2) Efektifitas pembelajaran entrepreneur pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman menunjukkan 90% pada kartegori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang diperoleh dari hasil rating scale, kemudian diukur menggunakan kriteria persentase menurut Acep Yoni, artinya pembelajaran entreprenur untuk anak usia dini pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman masuk ke dalam kartegori sangat efektif. 3) Faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran entrepreneur diantaranya yaitu peranan kepala sekolah terhadap kemajuan sekolah, program disusun dalam RPPH oleh guru, kerjasama yang baik antar guru dan wali murid, dan sarana prasarana yang memadai. Faktor yang menghambat pada pembelajaran entrepreneur pada tema kebutuhanku di RA GUPPI Pekauman ialah kurangnya fasilitas bahan sebagai media pembelajaran, dan faktor pendanaan, karena pendanaan tersebut diambil dari dana BOP, namun untuk pengambilan dana BOP tidak bisa diambil tepat waktu.
Kata kunci : Pembelajaran, Entrepreneur, Anak Usia Dini


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Isti Mujianti - Personal Name
Student ID
2018240159
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail