Khofifatun 'Ainiyah
Pengarang
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I.
Dosen Pembimbing 1
Luluk Alawiyah,M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Hidayatu munawaroh, M.Pd.
Penguji 2
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai multikulturalyang terkandung dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 22; 2) Implementasi danpengembangan nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam Al-Qur’an surat ArRumayat 22dalampendidikanIslam.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyabersifatkepustakaan(libraryresearch).Teknikpengumpulandatamenggunakanmetodedokumentasi.Kemudian,sumberdatadiperolehdarisumberdataprimerdansekunder(Al-Qur’an,kitabtafsir,buku-bukureferensiyangberkaitantentangpendidikanmultikultural,jurnal,skripsiterdahulu,artikel-artikel,situsinternet,dandokumen-dokumenyangrelevandengankajianpendidikanmultikultural).Adapunteknikanalisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan analisistriangulasi (pengecekan keabsahan data). Selain itu menggunakan teknik tafsirmaudhu’i.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai multikultural yangterkandung dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 22 pada Tafsir Al-Misbah, TafsirIbnu Katsir, Tafsir Jalalain dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an memperlihatkan adanyasifat-sifat (hal-hal) penting bagi kehidupan manusia untuk memahami danmenghargai perbedaan, serta menerapkan sikap pluralis dalam berinteraksi denganorang lain yang berbeda dari kita, yaitu: Perbedaan Bahasa dan Perbedaan Ras. 2)Implementasi dan pengembangan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam AlQur’ansuratAr-Rumayat22adalahsebagaiberikut:a)Menanamkansikaptoleran,mengakui,menerima, dan saling menghargai sesama manusia sebagai makhlukAllah yang sama asalnya, b) Melarang diskriminasi antar bahasa, ras, suku, agamadan budaya, c) Bersikap adil dan saling menghormati sebagai penerapan hak asasimanusia.
Kata Kunci: Nilai, Multikultural, Pendidikan Islam, tafsir Al-Qur’an surat Ar-Rumayat 22.