Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD TAKHASUS AL-QUR’AN KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN AJARAN 2022/2023
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode roleplaying di kelas V SD Takhasus Al-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo; 2)Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakanmetode role playing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDTakhasus AL-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes.Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD TakhasusAl-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis pendahuluan berupa uji homogenitas dan uji normalitasdata, kemudian analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan hasil belajar antarasiswa yang belajar dengan metode role playing dengan metode konvensional; 2)Setelah diterapkan metode Role Playing terdapat perbedaan hasil belajar PAIsiswa kelas V SD Takhasus Al-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo.Diperoleh thitung = 27,2 > ttabel = 2,68 untuk taraf signifikan 5%; 3) Dari hasilperhitungan diperoleh nilai
Kata Kunci : Metode Role Playing, Peningkatan Hasil Belajar, PAI
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
Isna Misngatus Syarifah - Personal Name
|
| Student ID |
2019010281
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji | |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







