Isna Misngatus Syarifah
Pengarang
Drs. Noor Aziz, M.pd.
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I.
Penguji 2
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajarsiswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode roleplaying di kelas V SD Takhasus Al-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo; 2)Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakanmetode role playing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDTakhasus AL-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes.Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD TakhasusAl-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis pendahuluan berupa uji homogenitas dan uji normalitasdata, kemudian analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan hasil belajar antarasiswa yang belajar dengan metode role playing dengan metode konvensional; 2)Setelah diterapkan metode Role Playing terdapat perbedaan hasil belajar PAIsiswa kelas V SD Takhasus Al-Qur‟an Kalibeber Mojotengah Wonosobo.Diperoleh thitung = 27,2 > ttabel = 2,68 untuk taraf signifikan 5%; 3) Dari hasilperhitungan diperoleh nilai hitung = 0,50 yang berarti terdapat peningkatan hasilbelajar dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Metode Role Playing, Peningkatan Hasil Belajar, PAI