Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO
XML
Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui pendidikan keluarga dalamhal ini pola asuh kedua orang tua siswa kelas VIII di SMP N 1 LeksonoKabupaten Wonosobo.2) Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan AgamaIslam siswa kelasVIII diSMPN 1 Leksono Kabupaten Wonosobo. 3) Untukmengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan keluarga terhadap prestasibelajar Pendidikan Akidah akhlak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiandeskriptif. Lokasi penelitian di SMP N 1 Leksono. Metode pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta kuisioner.Instrument menggunakan angket dengan 50 responden siswa SMP N 1 Leksono.Teknik analisis data dilakukan dengan cara uji asumsi klasik: uji linearitas dannormalitas serta uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian dapat disimpulkan pola asuh yang diterapkan oleh walimurid siswa SMP N 1 Leksono yaitu pola asuh demokratis. Data dokumentasinilai pendidikan keluarga yang sudah peneliti tulis pada table diatas dengan indikator pendidikan keluarga meliputi: pengajaran, pemotivasian, peneladanan,pembiasaan dan penegakan hukuman maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,5.Oleh sebab itu pendidikan keluarga pada siswa SMP N 1 Leksono berada padakategori baik. Dengan demikian berdasarkan hasil jawaban angket pengaruhpendidikan keluarga diketahui bahwa berpengaruh terhadap prestasi belajarsiswa karena dikatakan dalam kategori baik dan berpengaruh pada prestasibelajar. Dalam penelitian ini kita dapat melihat prestasi belajar dari nilai raportsiswa. Nilai prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Leksono dibuktikandengan rata-rata pada raport siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa di SMP N1 Leksono tahun pelajaran 2022/2023 adalah 87. Dengan demikian dapatdiketahui bahwa prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII SMP N 1Leksono dikatakan dalam kategori sangat baik. Dalam penelitian ini pendidikankeluarga terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII SMP N 1Leksono berpengaruh signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan daritable model summary besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar0.731. dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar0.534 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variable bebas (pendidikankeluarga) terhadap variable terikat (prestasi belajar) adalah sebesar 53.4% dansisanya dipengaruhi oleh variable lain.
Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Prestasi Belajar, SMP N 1 Leksono
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ike Nur Hardiani - Personal Name
|
Student ID |
2019010407
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |