Prodi PIAUD
IMPLEMENTASI KEGIATAN COLOR MIXING DALAM MENGEMBANGKAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI DI QUR’ANIC BABY CLASS TPA AL-MADINA WONOSOBO
XML
Aspek perkembangan anak usia dini diantaranya perkembangan fisik motorik, dimana kemampuan fisik motorik sangat penting untuk menunjang kelangsungan sehari-hari. Kegiatan color mixing merupakan salah satu kegiatan untuk menstimulasi perkembangan fisik motorik anak dengan pencampuran warna yang menarik untuk anak, wadah dan sendok sebagai media bermainnya agar anak bisa menstimulasi ketrampilan otot-otot kecil pada tubuhnya. Tujuan dari penelitian adalah: (1) mengetahui implemetasi kegiatan color mixing dalam mengembangkan fisik motorik anak. (2) mengetahui peranan guru dalam pelaksanaan kegiatan color mixing. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan color mixing dalam mengembangkan fisik motorik anak. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian adalah anak-anak Qur’anic Baby Class TPA Al-Madina Wonosobo berjumlah 5 anak di kelas Husain. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) dalam implementasi ragam main color mixing diawali dengan kegiatan gerak dan lagu yang sesuai dengan sub tema. Memasuki kegiatan inti, anak dipersilahkan bermain color mixing, anak mencampurkan dua warna primer sesuai keinginan anak dengan perbandingan yang sama, selanjutnya pada penutup kegiatan guru mengevaluasi capaian perkembangan anak menggunakan observasi kegiatan dan merefleksikan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan bertanya terkait pengalaman anak ketika bermain color mixing. 2) pelaksanaan kegiatan color mixing guru berperan sebagai fasilitator, motivator, model, mentor, evaluator, dan reflektor. 3) faktor pendukung dalam implementasi kegiatan color mixing dalam mengembangkan fisik motorik anak meliputi: peranan guru dalam kegiatan color mixing. Keadaan kelas yang kondusif, terjaga kebersihan dan keamanannya sangat baik untuk mendukung proses pembelajaran anak usia dini. Ragam main color mixing yang sesuai dengan sub tema dan anak sukai sangat mendukung proses belajar yang menyenangkan untuk anak. Faktor penghambat dalam pelaksanaan ragam main color mixing meliputi: kategori usia anak yang sangat mempengaruhi kemampuan dalam menerima stimulus yang diberikan serta proses kegiatan yang dilakukan anak. Kondisi mood anak ketika kegiatan sangat mempengaruhi kemampuan terstimulusnya aspek-aspek perkembangannya. Selanjutnya strategi yang guru lakukan dalam menstimulus perkembangan anak.
Kata Kunci: Implementasi, Color Mixing, Fisik Motorik
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Endah Sri Wahyuningsih - Personal Name
|
Student ID |
2019240051
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |