Prodi PIAUD
PEMBELAJARAN SHOLAT BERBASIS MEDIA SMART HAFIZ PADA ANAK DI DUSUN BAJANGAN DESA MANDISARI PARAKAN TEMANGGUNG
XML
Pembelajaran sholat merupakan aspek penting dalam pengembangan kehidupan beragama anak-anak. Dalam era teknologi digital, media Smart Hafiz hadir sebagai alat pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk membantu anak dalam memahami dan melaksanakan sholat dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran sholat berbasis media smart hafiz, untuk mengetahui pengaruh media smart hafiz terhadap peningkatan sholat, untuk mengetahui kendala pelaksanaan pembelajaran sholat berbasis media smart hafiz. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelah informasih terkumpul nanti dianalisis menggunakan analisis data yaitu penyatuan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran sholat berbasis media smart hafiz di Dusun Bajangan, hasilnya menunjukkan bahwa Smart Hafiz digunakan sebagai alat bantu yang efektif dalam membantu anak-anak mempelajari gerakan dan bacaan sholat secara visual dan interaktif. Dalam pelaksanaan melakukan pembelajaran makan sebelum melakukan pembelajaran, mencari ruuangan yang nyaman untuk si anak, berdoa sebelum melakukan, mempersiapkan smart hafiz dan buku yang terkait dalam pembelajaran. Selama melakukan pembelajaran orangtua juga memberikan contoh yang nyata, anak juga menonton video dan meragakan sholat, membaca dan juga menghafal bacaan sholat, ada juga anak yang melakukan gerakan sholat. Sesudah melakukan pembelajaran biasanya orangtua memberi umpan balik kepada anak, ada juga orangtua menyuruh anak mengingat kembali yang telah dilakukan, dan juga memotivasi anak dan terakhir berdoa 2) Pengaruh media smart hafiz terhadap peningkatan sholat di Dusun Bajangan menunjukkan bahwa penggunaan Smart Hafiz meningkatkan pemahaman dan keterampilan sholat anak-anak. Anak-anak menjadi lebih antusias dan termotivasi untuk belajar sholat melalui penggunaan media yang menarik dan interaktif.3) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran sholat berbasis media smart hafiz Beberapa kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan teknis, ketergantungan pada media, keterbatasan waktu orangtua yang sibuk, anak kurang mempertahankan fokus dan khusyuk saat menggunakan smart hafiz, kurangnya pemahaman dan penggunaan awal smart hafiz dan harga smart hafiz yang relatif mahal.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Sholat, Smart Hafiz.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Avifah Faricha Nisa - Personal Name
|
Student ID |
2019240010
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |