Prodi PIAUD
DAMPAK ANAK HIPERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI RA IBNU SINA PREPEDAN KELURAHAN TEGAL ALUR KECAMATAN KALIDERES KOTA JAKARTA BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023)
XML
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau latihan bagi perannya untuk masa mendatang. Sedangkan Pendidikan anak usia dini adalah pemberian stimulasi oleh pendidik untuk menumbuh kembangkan aspek fisik motorik, agama dan moral, kognitif, bahasa dan sosial emosional.
Pada proses belajar berinteraksi orang tua atau guru biasa mendeteksi anak yang mengalami suatu permasalahan yang harus di cegah sejak dari anak usia dini, yaitu salah satunya permasalahan murid di RA Ibnu Sina yaitu Anak yang mengalami gangguan Hiperaktif, Hiperaktif yaitu permasalahan dalam belajar. Pengendalian diri adalah masalah utama bagi siswa Hiperaktif. Mereka sulit duduk dalam waktu lama dan dengan tenang. Mereka akan berlarian saat pembelajaran berlangsung maupun saat pembelajaran sudah berakhir, selain itu mereka juga berbicara berlebihan dan sulit untuk diam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik perilaku siswa hiperaktif di RA Ibnu Sina? 2) Apa saja Faktor penyebab terjadinya perilaku siswa hiperaktif di RA Ibnu Sina? 3) Apa Dampak perilaku Hiperaktif terhadap Perkembangan Sosial Emosional siswa di RA Ibnu Sina? 4) Apa saja kendala guru dalam melakukan pelayanan perkembangan anak Hiperaktif di RA Ibnu Sina? 5) Bagaimana Usaha guru terhadap layanan perkembangan siswa Hiperaktif di RA Ibnu Sina?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi 1) perilaku anak hiperaktif di RA Ibnu Sina 2) dampak anak hiperaktif terhadap aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini, 3) dan mengetahui usaha-usaha guru dalam mengatasi anak hiperaktif di RA Ibnu Sina Prepedan Raya Kalideres Tegal Alur Jakarta Barat TahunAjaran 2023/2023.
Dalam pembahasan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan dengan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah dua murid dari siswa RA Ibnu Sina Prepedan Raya Kalideres Tegal Alur Jakarta Barat. masing-masing di ambil dari perwakilan satu anak dari kelas A dan satu anak dari kelas B Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik Triangulasi Data.
Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga hasil temuan yaitu meliputi: 1) Perilaku anak hiperaktif di Raudhotul Athfal Ibnu Sina. 2) Dampak anak hiperaktif terhadap perkembangan sosial emosional ketika dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. 3) Usaha-usaha guru dalam mengatasi perilaku anak hiperaktif di Raudhotul Athfal Ibnu Sina dalam bentuk bimbingan klaksikal, dalam bentuk individu atau konseling, dan menggunakan kalimat efektif.
Kata Kunci: Hiperaktif, Sosial Emosional, dan Anak Usia Dini.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Addiyah Shidrotul Muntaha - Personal Name
|
Student ID |
2019240006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |